Selamat datang para bro semua dari yang keren
sampai yang ngga keren, dari yang gentel sampai yang feminim, dari yang pria
sampai yang wanita. Pokoknya salam satu aspal dulu and keep riding no arogan,
untuk kali ini yang mau diomongin mengenai penyakit?? Et ... dah kaya dokter
aja. Maksudnya penyakit atau kerusakan yang sering terjadi dari motor CB150R
STREET FIRE, alias CB150R generasi pertama yang dimulai launching pada akhir
tahun 2012 kalau ngga salah... he...
Jadi buat bro yang merasa memiliki, dan mau
beli secondnya baca dulu artikel yang sangat keren menurut gua, he.... ok dari
pada banyak ngelindur mending langsung chek it dot..
Kabel CKP / Spull Yang Terbakar
Nah gua pretelin dulu maksudnya gua jelasin
ala kadarnya soalnya sudah gua omongin tentang fungsi – fungsi sensor di motor
injeksi, dibawah ini linknya.
kabel CKP yang dimaksud ini adalah bagian
soketan / konektor 6 P yang menghubungkan antara kabel body dengan sensor CKP.
Kalau hal ini dibiarkan saja maka akibatnya akan mengarah ke bagian pengisian
dan penerangan dari motor CB150R tersebut dan ujung – ujungnya motor akan
sering mogok.
Solusinya cukup diganti soketan / konektor,
bisa juga langsung sambung antara kebel body dengan kabel CKP / spull. Tapi
harus hati – hati karena terdapat tiga kebel berwarna kuning dan tidak boleh
saling tertukar, tutup sambungan dengan solasi bakar / selang bakar biar kuat
dan jangan memakai solasi biasa atau malah solasi kertas dan parah lagi pakai
bungkus plastik he.... he...
Ini penempakannya bro..
Lifter Tensioner dan Keteng
Buat part / komponen yang ini sebenarnya hal
biasa yang terjadi pada sepeda motor entah merk garpu tala, sayap mengepak atau
logo S. Jadi gua ngga ngomong panjang lebar, oh ya... dibawah ini linknya.
Fuel Pump dan Tangki Bahan Bakar
Fuel pump atau pompa bahan bakar kenapa gua
sandingin jadi satu, karena meraka pacaran !! et dah .... bukan itu alasannya
karena saling keterkaitan sumber masalahnya yaitu air, entah air hujan atau air
cuci steam. Karena biasanya kalau tangki bahan bakar sudah kemasukan air maka
tangki tersebut akan korosi / keropos dan karat yang di akibatnya akan ikut
menggangu fuel pump / pompa bensin. Nah ini link penjelasannya...
Piting Lampu Terbakar
Piting lampu ini maksudnya adalah lampu utama,
karena lampu CB150R berukuran 55 watt / 12 volt maka kelebihannya nyala lampu
yang terang tapi akibatnya bagian piting lampu yang sering terbakar. Kemudian
penggunaan arus dari accu / aki akan besar maka untuk mengatasinya ada dua cara
yaitu di buatkan saklar ON / OFF pada lampu utama, dan mengganti lampu dengan
arus / watt yang lebih kecil bisa memakai lampu origianl verza / scoopy tapi
harus sedikit merubah bagian kaki – kai lampu tersebut agar bisa di pasang.
Cara yang lebih mudah tinggal membeli lampu after market bisa Phillips atau
Osram dengan watt 35.
As Roda Belakang Macet
Nah ini yang agak rumit dan menjengkelkan,
karena harga as roda paling Rp 30 ribu. Tapi kalau mecet ngga bisa di lepas
seluruh keringat, emosi, dan was – was tersajiakan menjadi satu sebagai kopi
white atau pikir sambil seruput kopi... he....
Jadi pas kebeneran as roda motor cb150r di
bongkar dengen enteng, maka sebelum pemasangan oleskan greas / oli supaya tidak terdapat
karat dan akhirnya macet. Jangan samapai sudah macet atau kejadian baru menyesal tak melakukan saran mbah.... he....
Ini gambarnya bro, as roda yang di lecetin pakai gerinda bukan di potong ya bro... he...
Ini gambarnya bro, as roda yang di lecetin pakai gerinda bukan di potong ya bro... he...
Pinion Starter Rontok
Saat motor CB150R di hidupkan dengan memakai starter
elektrik kemudian ada suara tok...tok.. di bagian magnet maka hal itu di
pastikan bahwa pinion starternya rontok / gompal. Solusinya ganti dengan pinon
starter yang baru.
Ok bro sekian dulu ya karena udah kehabisan
kata – kata he...., moga berguna buat para bikers. Salam satu aspal....