Selamat datang para biker semua, buat kali ini gua mau
ngomongin tentang motor sejuta umat, ya honda beat. Buat para empunya alias
pemakai honda beat dikhususkan beat fi entah starter kasar / keluaran pertama
atau beat Esp yang sering mogok atau mati – matian motornya. Berati lu sudah
mula pusing dan kabar baiknya lu ngga salah parkir di blog paling keren ini
he….. he…. Becanda bro maksudnya ala kadarnya. Ok ngga usah banyak omongan
langsung aja chek it dot…
Beat Starter Kasar atau Genersi Pertama
Kenapa honda beat FI generasi pertama dikenal dengan sebutan starter kasar, sebab saat
menghidupkan motor dengan starter elektrik akan bunyi cetok karena putaran
pinion starter. Untuk model ini sepeda motor sering mogok mendadak atau mati – matian
disebabkan oleh kabel spull atau sensor ckp yang putus. Karena kabel spull
terdapat 3 warna dengan fungsi yang berbeda, jadi gejalanya akan berbeda – beda.
Kabel Spull Beat FI Generasi Pertama :
Warna Putih
Untuk warna putih berfungsi sebagai penerangan atau sumber
arus untuk lampu depan / utama, jika kabel spull ini putus maka yang terjadi
lampu depan tidak akan menyala sama sekali. Walaupun sudah ganti bohlam, accu,
sikring dan switch dimmer ( saklar jarak jauh dan dekat ) untuk saklar On /Off
tidak ada karena sudah di terapkan AHO (automatic Headlight On) alias lampu
nyala terus.
Kenapa warna putih jadi penerangan ?? kalau untuk menjawab
itu gua juga bingung he…. Karena untuk motor buatan honda pada umumnya warna
putih untuk pengisian dan kuning penerangan pada jenis karburator.
Agar lebih jelas tentang warna kabel silahkan buka link di
bawah ini.
http://www.sejeworks.id/2017/04/sistem-elektronik-sepeda-motor.html#
http://www.sejeworks.id/2017/04/sistem-elektronik-sepeda-motor.html#
Warna Kuning
Berfungsi untuk pengisian atau pensuply arus ke accu, open circuit
atau rangkaian terbuka bahasa kerennya kabelnya putus akan menimbulkan
terganggunya arus pengisian sehingga accu akan cepet ngedrop. Sehingga sepeda motor
akan kehilangan sumber tenaga untuk pengapian / memercikan api dari busi. Kalau
kabel ini putus accu akan sering soak / ngedrop, walaupu ganti baru dan hanya
akan bertahan kurang lebih satu bulan.
Warna Putih / kuning
Kabel berwarna putih / kuning berfungsi sebagai pulser untuk
mengirimkan sinyal posisi timing pengapian dari magnet ke ECU / ECM. Jika kebel
ini putus maka motor akan mogok dan sama sekali tidak ada percikan api dari
busi saat dilakukan starter elektrik maupun kick starter.
Tapi kalau kondisi kabel masih belum putus total gejala
motor akan mati – matian terutama saat melewati tanggulan / polisi tidur, dikarenakan posisi kabel
spull yang tertarik karena gerakan mengayun dari shokbeker.
Ini gambarnya bro, karena kalau ngomong panjang lebar ngga
pakai bukti ntar dikira cocokisasi he….
Beat ESP
Untuk model ini sebenarnya sama problemnya berasal dari
kabel spull / sensor ckp, tapi ada beberapa perbedaan. Jika untuk beat
lama starter kasar saat kabel spull
putus lampu MIL tidak menyala, tapi untuk beat esp lampu MIL akan menyala,
untuk mengetahui kode MIL silahkan buka link di bawah ini.
Kerusakan pada kabel
spull ini terjadi karena adanya gesekan kabel body dengan crank case / bak
mesin, sehingga kabel akan terkelupas dan seringkali sikring 10 Ampere INJ
putus. Untuk mengatasinya sebenarnya mudah cukup menggantung / mengaitkan kebel
spull, intinya jangan sampai menyenggol / bergesekan dengan crank case.
Ini gambarnya, walaupun ngga terlalu jelas kaya yang ngambil
gambar, et….. bukan gua.. he…..
Ok bro udahan dulu buat postingan kali ini, jangan lupa
safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal….