Selamat datang kembali, para bro sekalian dan gua ngga bisa
sebut nama satu persatu, yak arena emang belum kenal aja… sory lagi agak
ngelindur sediki, he… he…. Untuk kali ini yang akan di omangin tentang filter
oli mesin, sebelumnya udah pada tahu belum sebuah sepeda motor memiliki
beberapa filter, diantaranya filter udara, filter bahn bakar dan filter mesin.
Untuk penjelasan tentang filter udara ada di link dibawah
ini.
http://www.sejeworks.id/2017/03/filter-udara-dan-jenisnya.html
http://www.sejeworks.id/2017/03/filter-udara-dan-jenisnya.html
Untuk filter udara sepertinya sudah ngga asing di dengar,
tapi filter oli mesin ada yang belum tahu sama sekali, dari fungsinya dan
bentuknya. Ok langsung aja ya bro kita kupas setajam silet yang baru beli di
warung
Filter oli mesin berfungsi untuk menyaring atau menangkap
kotoran – kotoran yang berasal dari
gesekan mesin agar tidak menghambat atau menyumbat sirkulasi oli mesin di dalam
sebuh mesin. Kotoran pada oli mesin dapat berupa gram / serpihan logam yang
ditimbulkan karena gesekan – gesekan mesin, benda asing lain entah berupa
paking atau lem bekas bongkaran mesin.
Jenis – jenis saringan / filter oli mesin :
Saringan Kasa
Untuk filter oli ini jenis ini biasanya terdapat pada jenis
motor bebek dan metor jenis matik, walaupun ngga semuanya memakai tipe jenis
ini. Kelebiahannya filter oli mesin jenis kasa awet atau tahan lama tidak perlu
melakukan penggantian secara berkala alias bisa dipakai seumur hidup, tapi ada kekurangannya
yaitu kotoran yang disaring tidak terlalu bersih. Untuk jenis saringan ini
usahakan dilakukan pembersihan teratur per km 8000 atau 8 bulan sekali, lebih
baik lagi setiap prgantian oli mesin di barengi dengan pembersihan saringan
kasa.
Contoh sepeda motor
honda supra 100 series, Yamaha mio series, Suzuki shogun 110.
Saringan Sentrifugal
Sebenarnya part yang di pakai adalah kopling sentrifugal
yang terdapat pada sepeda motor jenis kopling semi otomatis yang biasa di terapkan
pada jenis sepeda motor bebek / cup. Kopling sentrifugal dimanfaatkan jalur oli
mesinnya untuk menyaring oli mesin dengan memanfaat gaya / tenaga dari poros
engkol. Sementara untuk sepeda motor jenis matik tidak memakai jenis saringan
ini karena letak kopling sentrifugal tidak berada didalam mesin tapi di cvt.
Dan pertanyaannya kenapa dinamakan saringan sentrifugal
?? sebenarnya saringan sentrifugal berasal dari gaya sentrifugal atau gaya yang menjauhi titik poros / pusat
gaya tersebut. Pusingkan ?? berarti sama
he…. Penjelasanya begini saat poros engkol berputar maka kopling otomatis /
kopling sentrifugal akan mengembang / mekar kesamping luar sehingga terjadi
gesekan dengan rumah kopling. Saat kopling otomatis mekar / mengembang tersebut
akan di barengi dengan oi mesin yang di cipratkan kesamping luar dari kopling
otomatis, sehingga endapan kotoran yang terdapat dalam oli mesin akan terkumpul
di bagian samping rumah kopling otomatis. Hal ini diperjelas saat membuka
kopling sentrifugal sepeda motor tipe cup, pasti di bagian rumah kopling
sentrifugal akan terdapat banyak tumpukan endapan kotor.
Contoh sepeda motor : Honda supra 100 series, Yamaha Jupiter
z, suzuki shogun series
Saringan Kertas / Surface
Saringan oli mesin jenis ini secara kinerjanya lebih baik dari saringan kasa, karena endapan
/ kotoran kecil akan disaring oleh
filter bagian dalam dan bagian luar. Untuk perawatan cukup di bersihkan dengan
bensin dan disemprot dengan udara compressor, sementara kekurangannya memerlukan penggantian part secara berkala
yaitu per 12.000 km atau satu tahun pemakaian. Untuk harga filter oli jenis
kertas sekitar Rp 50 ribu, contoh sepeda motor Suzuki satria 150, honda cbr
250, Suzuki smash 110, Yamaha vixion.
Saringan Kaleng / Cartride
Untuk jenis ini biasanya banyak dipakai oleh mobil atau
sepeda motor kelas premium (mahal), untuk harga filter tersebut sekitar RP 200 ribu.
Filter ini dilakukan penggantian sekaligus dengan kalengnya, contoh sepeda
motor CBR 250 RR.
Akibat dari filter oli mesin yang mampet :
- Mesin menjadi cepet panas
- Suara mesin kasar karena ada gesekan dibagian dalam mesin
- Mesin cepet rusak
Untuk urusan filter oli mesin tidak bisa dianggap remeh
karena akan fatal akibatnya bila filter oli mengalami penyumbatan, jadi lakukan
perawatan dan penggantian secara berkala pada part ini. Agar performa mesin
lebih optimal, ok.. bro sekian dulu penjelasan dari gua , lain waktu kita
sambung lagi. Ojo lali ya, safety first, keep reading no arogan salam satu
aspal…..