Karburator banjir, et …. Maksudnya bukan
banjir karena air tapi banjir bensin
yang keluar dari lubang pembuangan. Hal ini sering kali terjadi karena
jarum pelampung sudah mulai aus sehingga tidak bisa bekarja secara normal
dengan menutup bensin yang masuk ke karburator. Biasanya masalah ini terjadi
pada sepeda motor yang sudah berumur, apalagi pada system aliran bensin yang langsung
mengalir dari tangka bensin menuju karburator, sedangkan untuk system aliran
bensin yang model vakum jarang terjadi masalah bensin banjir.
Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan
beberapa trik, tapi gua ngga bisa jamin 100 % bekerja paling tidak 80 % bensin tidak
akan banjir lagi. Karena trik ini untuk semetara sukur-sukur jadi selamanya
awet, he..... kalau mau benar-benar sembuh harus di ganti karburator assy /
segeluntung pakai yang original bawaan pabrik bukan barang kw, nah bagaimana
kalau cuman ganti repair kit kan cukup murah dan bersahabat di kantong balik
lagi ngga semuanya tuntas tapi yang terpenting dicoba dulu dan banyakin doa
he....
Beberapa akibat jika karburator banjir:
- Bahan bakar boros
Bensin akan boros itu
pasti karena bensin keluar dari karburator, seperti kran air dan tidak ada
pembakan baha bakar. Biasanya terjadi saat posisi mesin motor mati atau mau
dihidupkan.
- Sepeda motor susah
hidup
Hal ini terjadi
karena keadaan busi basah oleh bensin yang tidak terbakar karena pletikan api
dari busi, biasnya busi kan cepat mati.
Trik mengatasi karburator sering banjir :
- Siapkan amplas
Ini cara yang paling
tidak berisiko karena tidak merubah fungsi yang ada di karburtor, tinggal copot
dan pasang. Amplas ini di gunakan bukan untuk mengamplas ya bro, cuman
dijadikan ganjel di ujung jarum pelampung yang langsung bersentuhan dengan
pelampung bensin ( yang bisa
mantul / bukan ujung yang runcing). Ngga perlu terlalu
besar hanya secuil dan ngga usah mikirin ukuran berapa amplas yang dipakai. Kenapa
yang di pakai amplas ?? bukan yang lainnya, sebenarnya ngga harus amplas barang yang lain juga
bisa yang terpenting tidak larut oleh bensin. Di bawah ini contoh barangnya:
Lem campur / dexton plastic steel
Kalau trik ini agak
extream, tapi kalau ngga manjur bisa dibalikin keadaan semula. Caranya cukup
menutup jalur pembuangan bensin pada karburator dengan lem campur tersebut,
cara menutupnya bisa dibagian dalam atau di bagian luar karburator. Biasanya
cara ini langsung manjur, yang perlu diperhatikan pastikan lem campur tersebut
sudah kering saat bensin di alirkan ke karburator. Jika cara ini ngga bekerja
dan pengin di balikin lagi ke keadaan semula cukup mengelupas lem campur tadi
yang di gunakan untuk menyumbat jalur pembuangan bensin.
Amril yang paling halus
Ini cara yang paling
extream sebaiknya pikirkan lagi sebelum melakukannya, sebelumnya pada tahu kan
apa itu amril, kalau sudah tahu berati gua ngga perlu ngejelasin panjang lebar
he... kalau belum ya gua kasih tau dikit amril biasa dipakai untuk menskir ulang
klep dengan sitting klep agar tidak ada kebocoran kompresi, nah amril biasanya
ada dua bagian dari yang halus dan yang kasar. Untuk kali ini yang di pakai
yang halus yang kasar di kesampingkan dulu, cara memakainya cukup oleskan
sedikit saja amril pada ujung jarum pelampung karburator dan masukan jarum
pelampung yang telah di olesi amril tersebut kedalam dudukan karburator / jalur
bahan bakar dari selang bahan bakar menuju karburator. Kemudian putar searah
jarum jam dengan sedikit menekan antara jarum pelampung dengan dudukan jarung
pelampung, putar sebanyak 3 kali saj ngga usah terlau banyak karena jarum
pelampung akan aus dan tambah runcing pada bagian ujuang jarum tersebut.
Kembali lagi gua
omongin trik diatas untuk sementara kemungkinan berhasil 80 % kalau mau 100 %
ganti baru karburator assy dan pakai yang original. Ok bro sekian dulunya untuk
tulisan kali ini, untuk videonya lagi ngga ada, ojo lali safety firts, keep
reading no arogan, salam satu aspal....