Selamat pagi, para bro sekalian udah lama
kagak posting karena sibuk ngurusin anak orang he.... tapi gua gak mau curhat lho ya.. he... he..
Kadang kalau kita baru beli motor baru kan
lagi di sayang banget tuh, ya mirip – mirip penganten baru he.... apa – apa di
perhatikan dari suara yang kasar, terus kurang empuk lah, bunyi berisik kalau
di pakai, ini yang lagi di bahas motor lho pikiran jangan nyasar kemana – mana he.....
Nah berhubung banyak tanda tanya, gua ada tips
simpel buat pemilik motor matik baru yang lagi cinta - cintanya he...
Cara Simpel Merawat Sepeda Motor Matik
Periksa selang pernafasan transmisi
Transmisi / rasio pada motor matik pada
umumnya terletak di bag belakang dekat dengan roda belakang karena berfungsi
menyalurkan tenaga dari kopling sentrifugal yang bergesekan langsung dengan
outer clucth menuju roda belakang. Nah itu fungsi transmisi / rasio, karena ada
gesekan antara gear rasio maka terdapat pelumas / oli gardan.
Kerusakan pada rasio biasanya di sababkan
karena terdapat air yang bercampur dengan oli gardan tersebut, lho kok ada air
? hal ini di sebabkan karena selang pernafasan yang copot dari posisi
penempatannya / rusak karena umur pemakaian. Makanya hati – hati saat melakukan
cuci steam pada motor matik lu, lakukan cek secara berkala agar motor lu ngga
ngorok he... ni gua kasih gambarnya...
Sediakan kamper di cover body bawah dan bagasi jok
Kamper emangnya lemari bro, et tunggu dulu,
ini obat mujarab biar motor awet dari serangan negara api, sorry maksudnya
serangan tikus pemakan kabel. Bagi yang belum pernah ngerasain kantong kering
gara – gara kabel konsleting sih mungkin menganggap koyol. Tapi kalau motor lu
sudah sistem pengkabutan injeksi saran gua lu mesti menerapkannya.
Panasin motor pakai kick starter / diengkol
Sebenarnya kalau mau manasin motor tinggal di
jemur atau pakai korek he.... he....
becanda bro. kalau mau manasin motor pakai kick starter / di engkol dulu itu
yang bener, karena saat sepeda motor tidak dipakai ada kebocoran arus walau pun
itu 0,1 mili ampere. Kenapa kick starter / diengkol perlu di terapkan, hal ini
di maksudkan agar ada arus pengisian dari spul magnet yang mengalir ke accu
untuk menggantikan arus yang bocor tadi.
Jangan semprot air di area tangki bensin
Maksudnya begini bro, kalau semisal kita
mencuci motor sebaiknya jangan menyemprotkan air diarea tangki besin cukup di
lap saja. Karena bisa mengakibatkan air tersebut masuk kedalam tangki bensin
yang pada akhirnya membuat masalah baru, dari tangki yang keropos dan fuel pump
yang rusak. Nah ini gua kasih linknya supanya lebih detail
Ok mas bro dan mba bro, sekian dulu untuk
postingan kali ini, ojo lali safety firts keep riding no arogan salam satu
aspal....