Tips Simpel Bagi Pemilik Motor Matik Baru

Selamat pagi, para bro sekalian udah lama kagak posting karena sibuk ngurusin anak orang he.... tapi gua gak  mau curhat lho ya..  he... he..

Kadang kalau kita baru beli motor baru kan lagi di sayang banget tuh, ya mirip – mirip penganten baru he.... apa – apa di perhatikan dari suara yang kasar, terus kurang empuk lah, bunyi berisik kalau di pakai, ini yang lagi di bahas motor lho pikiran jangan  nyasar kemana – mana he.....
Nah berhubung banyak tanda tanya, gua ada tips simpel buat pemilik motor matik baru yang lagi cinta - cintanya he...


Cara Simpel Merawat Sepeda Motor Matik

Periksa selang pernafasan transmisi


Transmisi / rasio pada motor matik pada umumnya terletak di bag belakang dekat dengan roda belakang karena berfungsi menyalurkan tenaga dari kopling sentrifugal yang bergesekan langsung dengan outer clucth menuju roda belakang. Nah itu fungsi transmisi / rasio, karena ada gesekan antara gear rasio maka terdapat pelumas / oli gardan.

Kerusakan pada rasio biasanya di sababkan karena terdapat air yang bercampur dengan oli gardan tersebut, lho kok ada air ? hal ini di sebabkan karena selang pernafasan yang copot dari posisi penempatannya / rusak karena umur pemakaian. Makanya hati – hati saat melakukan cuci steam pada motor matik lu, lakukan cek secara berkala agar motor lu ngga ngorok he... ni gua kasih gambarnya...


rasio pada motor matik



Sediakan kamper di cover body bawah dan bagasi jok


Kamper emangnya lemari bro, et tunggu dulu, ini obat mujarab biar motor awet dari serangan negara api, sorry maksudnya serangan tikus pemakan kabel. Bagi yang belum pernah ngerasain kantong kering gara – gara kabel konsleting sih mungkin menganggap koyol. Tapi kalau motor lu sudah sistem pengkabutan injeksi saran gua lu mesti menerapkannya.

Panasin motor pakai kick starter / diengkol


Sebenarnya kalau mau manasin motor tinggal di jemur atau pakai korek he....  he.... becanda bro. kalau mau manasin motor pakai kick starter / di engkol dulu itu yang bener, karena saat sepeda motor tidak dipakai ada kebocoran arus walau pun itu 0,1 mili ampere. Kenapa kick starter / diengkol perlu di terapkan, hal ini di maksudkan agar ada arus pengisian dari spul magnet yang mengalir ke accu untuk menggantikan arus yang bocor tadi.

Jangan semprot air di area tangki bensin


Maksudnya begini bro, kalau semisal kita mencuci motor sebaiknya jangan menyemprotkan air diarea tangki besin cukup di lap saja. Karena bisa mengakibatkan air tersebut masuk kedalam tangki bensin yang pada akhirnya membuat masalah baru, dari tangki yang keropos dan fuel pump yang rusak. Nah ini gua kasih linknya supanya lebih detail


Ok mas bro dan mba bro, sekian dulu untuk postingan kali ini, ojo lali safety firts keep riding no arogan salam satu aspal....