Apa kabar bro sekalian, dah lama gua ngga
posting masih pada nongkrong disinikan. Kali ini yang akan di omongin tentang
oli mesin palsu / limbah daur ulang, karena oli mesin hal yang sangat vital
bagi performa mesin sepeda motor. Jadi mau ga mau kita harus cermat dalam
memilih jangan asal –asalan dari pada menyesal pada akhirnya he.... he...
Sebenarnya untu mengetes oli mesin itu asli
atau palsu agar hasil lebih spesifik harus di bawa ke lab teknik kimia
industri, hal ini ngga mungkin ita lakukan sendiri, masa iya mau ganti oli
mesin aja pakai acara tes tesan kan ribut, eh .... ribet maksudnya. Untuk itu
gua kasih tips simpel yang top banget, cuman cara dilihat, dicium doang, ok
langsung aja...
Cara membedakan oli mesin asli dan oli mesi
palsu diantaranya :
- Perhatikan lebel pada kemasan
Produsen oli mesin selalu menggunakan
teknologi printing / percetakan yang bagus untuk memproduksi lebel kemasan yang
mereka pakai di kemasan produk mereka, dan ada produsen yang memakai hologramic
logo atau kede tersendiri untuk memberikan ciri keaslian produk mereka.
Produk oli pelumas palsu memang memiliki
tampilan yang sangat mirip, namun logo kemasan biasanya menggunakan printing
kualitas rendah, berbeda dengan logo asli akan discan dan dicetak ulang
sehingga kualitas cetakan lebel akan memiliki perbedaan.
- Botol oli mesin
Para pengoplos oli mesin biasanya akan memakai
botol oli mesin bekas yang mereka kumpulkan dari tumpukan sampah di bengkel
sepeda motor, sehingga warna sudah tidak terlalu bersih, malah cendrung kotor
agak buram. Sedangkan pabrikan oli mesin selalu memakai botol oli mesin baru
bukan kemasan daur ulang.
- Nomor Identifikasi pada tutup
Nomor indentifikasi ini terletak di bagian
tutup botol oli mesin, dan terdapat dua buah dibagian atas dan bagian bawah
dari tutup oli mesin denangan cetakan sama dan sejajar pada tutup botol oli
mesin tersebut, tetapi nomor identifikasi pada tiap- tiap botol oli mesin
berbeda. Jadi kalau menemukan oli mesin yang mempunyai nomor identifikasi yang
berbeda antara tutup atas dan bawah bisa di pastikan oli mesin tersebut palsu.
ni gua kasih contoh gambarnya.
- Warna dan bau oli mesin
Oli mesin yang asli berwarna bening, sedangkan
oli mesin palsu berwarna keruh dan lebih kental karena dicampur dengan bedak
tabur. Sementara untuk bau oli mesin asli masing – masing memiliki ciri khas
yang berbeda, sedangkan untuk oli mesin palsu mempunyai bau sangit.
- Apa ada endapan oli mesin
Nah ini jurus pamungkasnya, oli mesin asli
berwarna bening tidak ada kotoran dan endapan pada bagian dalam bawah botol
tersebut. Sementara untuk oli palsu biasanya terdapat endapan kotoran bisa
berupa gram – gram / partikel kecil di bagian dalam bawah oli tersebut. Makanya
kadang penjual yang mengetaui barang dagangannya palsu akan mengocok oli
tersebut agar tidak ada endapan di bagian dalam bawah dari botol oli mesin
tersebut.
Efeknya pemakain oli mesin palsu pada sepeda
motor sebenarnya jangka panjang paling tidak satu tahunan baru terasa pada
mesin sepeda motor, hal yang di timbulkan bisa berupa piston mbaret di tandai
dengan knalpot ngebul putih dan kruk as oblag di tandai dengan bunyi kasar pada
mesin.
Ok bro sekian dulunya, karena udah cukup
panjang penjelasan gua, jangan lupa safety first, keep raiding no arogan salam
satu aspal...