Cara Merawat Bearing Roda sepeda Motor
Apa kabar
para pembaca yang budiman, bukan berarti anda saudaranyanya budi he…. Untuk kali ini yang akan di bahas adalah merawat
bearing roda, sebenarnya apa sih fungsinya bearing / laher roda. Bearing roda berfungsi
untuk menopang axle shaft (as roda) dan membantu agar roda dapat berputar
dengan halus.
Untuk tipe motor sport dan cup (bebek) bearing roda ada dua yaitu :
- Bearing roda depan
- Bearing roda belakaang dan driven flange bearing (bearing gear belakang)
Sedangkan
untuk motor matik hanya ada bearing roda depan, untuk roda belakang langsung
gabung dengan tranmisi / rasio gear.
Sebenarnya
untuk masalah bearing sudah di ulas di postingan sebelumnya berikut linknya….
http://www.sejeworks.id/2017/04/cara-baca-bearing-alias-laher.html
http://www.sejeworks.id/2017/04/cara-baca-bearing-alias-laher.html
Agar bearing roda awet ini ada beberapa tips yang perlu di perhatiakan :
- Pakailah
bearing tipe ZZ
Zink “ berpelapis seng pada bagian kanan kiri ) kelebihanya
selain harganya yang lumayan mahal he…
bearing ini biasanya berusia lebih awet, karna air dan debu tidak akan
masuk kesele – sela pelor baja yang ada di dalam bearing.
Kalau
memakai tipe RS (rubber seal ‘’ berpelapis karet ‘’) pasang posisi bagian
rubber seal di bagian luar agar air dan debu tidak dapat masuk kesela sela
bearing.
untuk lebih jelasnya gua kasih fotocopynya... he...
- Perhatikan Keadaan
Dust Seal/ sil roda
Dust seal
berfungsi untuk menutupi bearing dari benda benda asing yang dapat merusak
bearing, seal ini sebagai pelindung pertama bagi bearing. Kerusakan pada sil ini sering kali di
akibatkan karena usia pakai, untuk penggantian kurang lebih per 24.000 km.
- Side collar
/ bosh roda
Bosh roda
/side collar sebenarnya part yang awet dan jarang sekali rusak kecuali terjadi
benturan keras karena kecelakaan, tetapi namanya juga manusia istilahnya “
tangane rai so meneng “ tangannya ga bisa diam. Sering kali merubah velg roda
yang mengakibatkan harus merubah ukuran side collar / bosh roda tanpa
memperhatikan ukurannya, hal ini juga yang dapat membuat bearing roda cepat
rusak.
- Perhatikan dudukan bearing
Kalau dudukan bearing yang terdapat di tromol velg sudah longgar, dan penuh dengan ganjal muali dari seng tutup oli T** 1, malah mungkin sobekan kain. Sebaiknya segera menabung untuk beli teromol / velg baru karna jika di paksakan bearing tidak awet.
- Medan yang
terjal
Jalanan yang
rusak dan bergelombang juga mempengaruhi usia pakai laher roda / bearing roda,
sebisa mungkin untuk menghindari jalanan berlobang. Sebenarnya utuk point ini tidak bisa di
tanggulangi oleh biker, karena ini urusannya PU. He…. He…..
Udahan dulu
ya bro, soalnya gua mau beli bearing /
laher…
Untuk lebih jelasnya gua kasih video berikut
chek it dot….