Bagi para pengguna motor beat , sering kali menemukan
kendala yang sering terjadi yaitu standar tengah / standar dua motor beat miliknya macet. Hal
ini sangat mengganggu kenyamanan pagi para penggunanya dimulai dari bunyi
berisik saat ditanggulan / polisi tidur dan kalau posisi menikung, ditambah
lagi saat manasin motor bukan pakai korek, apa kompornya he… Belum lagi saat ganti ban belakang entah luar
atau dalam , terus kanvas belakang beh……
mantep tenan ganjel kanan kiri itu pasti harus dilakukan.
Sebenarnya apa si penyebabnya standar tengah motor beat
macet , kemungkinan besar karena jarang di belai e… sory jarang di pakai maksudnya. Akibatnya
timbul karat di bagian as standart tengah yang langsung berhubungan dengan
lubang as di standart , dan akhirnya macet deh ngga bisa di gerakan sama
sekali. Jika di paksa untuk dilepas dengan cara dipukul di bagian as standart malah
menimbulkan masalah baru, karana biasanya crank case yang akan pecah karena
proses pukul tersebut. Kalau sudah benar macet dan ngga bisa di gerakan
penyelesaian paling dengan di ganti baru dari as standard an standar tengahnya,
sebab pelepasan standart tengah dengan cara di potong dengan gerinda.
Tapi kalau standar tengah masih bisa di gerakan sedikit dan
bisa di lepas sebaiknya pada bagian as di gerenda tipis – tipis atau di buat
luka kemudian oleskan greas dan oli pada as standar tengah tersebut, agar tidak
tidak timbul karat. Untuk motor beat F1 ( starter kasar ) dan beat Esp ada
perbedaan di bagian as standarnya sehingga harus jeli saat membelinya, utuk
standart tengahnya bisa substitusi. Untuk perawatan sebaiknya menggunakan wd 40
atau sejenisnya untuk mengurangi timbulnya karat, biasanya standar tengah macet
saat motor usia satunan.