Selamat pagi, siang, sore, malem, para pembaca yang budiman, he…. Yang baik hati tidak sombong, suka menabung,
terutama suka riding, postingan kali ini seputaran motor injeksi, ya sesuai
jaman karena hampir semua pabrikan mengeluarkan motor injeksi. Kadang ada orang
yang bertanya motor injeksi kalau kehabisan bensin cepet rusak ?? Apa bener ??
ya ngga tau juga ? lho kok jawabanya gitu? He…
Sebelum di jawab kita uraikan dulu cara kerjanya , saat
kunci kontak on ECM mengirim sinyal / arus ke fuelpump ( pompa bensin )
sehingga fuelpump akan berdenging dan bergetar dan mengalirkan bensin hanya
sedikit dan injector belum bekerja. Tapi saat kunci kontak on dan elektrik
starter di tekan / kick starter diengkol, fuel pump akan mengalirkan bensin ke
injector dan injector akan menyemprotkan ke throttle body.
Nah kalau tangki dalam keadaan kosong tidak ada bensin, maka
tidak ada yang di alairkan oleh fuelpump dan efeknya ngga masalah si kalau
sekali dua kali, tapi kalau berkali – kali, ya gaswat bro. Contoh simpelnya aja
kalau pompa air sumur, kalau ngga ada air yang di alirkan maka pompa akan cepat
panas lama – lama akan cepat rusak. Sama halnya dengan fuelpump, kalau tidak
ada bensin yang dialirkan maka akan cepat rusak tapi ini jangka lama bro ngga
sekejap.
Selain itu ada juga sebab yang lain yang membuat fuelpump
cepat rusak, diantaranya
Filter / saringan bensin yang mampet
Kenapa bisa mampet ? sebabnya bisa karena bahan bakar yang
jelek / kotor yang bercampur dengan zat – zat asing, biasanya air, karat dari
tangki bensin, sabun pencuci motor. Lho kok sabun pencuci motor, gua jelasin
dulu bro…. he.. he… Biasanya saat dicuci
entah cuci steam / cuci sendiri main asal semprot aja, nah ini yang gaswat, usahakan
saat mencuci bagian yang dekat dengan tutup tangki bensin lakukan secara pelan
sukur – sukur jangan di semprot, karena tutup angki bensin itu tidak full rapet
pasti ada celah walaupun kecil utuk lubang pernafasan tangki. Maka dari itu air
sama sabun – sabunnya ikut gabung dengan bensin didalam tangki bensin.
Solusinya bagaimana lakukan kuras tangki per 8.000 km, atau hati – hati saat
mencuci motor dan ganti filter bensin per 48.000 km.
Presure regulator
Sebenarnya penjelasan nya sama dengan filter bensin karena
part ini berfungsi sebagai mesin dari fuelpump, Jadi bensin yang telah
tersaring oleh filter bensin akan masuk ke pressure regulator dan dialirkan ke
selang bensin kemudian di semprotan oleh
injector. Tapi untuk zat cair tetap saja akan ikut masuk kedalam
preasure regulator.
Bagian bagian fuelpump :
Filter bensin
Preasure regulator
Pelampung bensin
Chasing / wadah preasure regulator
Seal fuelpump
Cara untuk mendetektisi sacara akurat menggunakan preasure
guage, tekanan bensin untuk setiap motor berbeda apalagi beda merk tapi ambil
rata – rata sekitar 300 kpa. Cara mendeteksi asal asalan saat kunci kontak on
letakan tangan di tangki bensin, kalau ngga ada getaran atau bunyi berarti ada
problem di fuelpump.
Ok jon untu kali ini cukup sekin dulu, jangan lupa chek it
dot… he….
Safety first, quality must, delivery 1000 % e … sory … salam satu aspal maksudnya ,
Komentar
Posting Komentar