Rem
berfungsi untuk mengurangi laju putaran roda agar sepeda motor bisa berhenti
saat pedal rem ditarik / diinjek, ini salah satu part safety sepeda motor.
Memang topic ini sudah pernah di bahas tapi karena problem pada rem itu banyak
sekali apalagi rem cakram diantaranya :
- Kanvas rem habis.
- Piringan cakram aus.
- Rem mbagel.
- Rem ngelos / blong.
- Baud caliper slek.
- Braket oleng / bengkok. Dsb
Tapi yang
akan kita bahas kali ini tentang baud caliper yang slek, terutama untuk jenis
rem cakram KR3 yang banyak diaplikasikan ke berbagai merk dari Honda, Suzuki,
Kawasaki. Dari jamannya supra, shogun, satria, sampai ninja rem jenis ini bisa
saling substitusi, dan problemnya sama saja sering kali baud L 5 caliper
pengganjal kanvas rem slek.
Penyelesaiannya
emang agak ekstrim dengan cara di pukul pakai palu pada baud tersebut kemudian
pakai L 5 lagi, kalau cara ini masih gagal. Jalan terakhir memakai jurus
pamungkas yaitu jurus bango warisan abah owo, dengan cara dibor dan lakukan tap
ulang pada ulir atau drat tersebut, agar lebih gampang bawa saja ke tukang
bubut. Tapi caliper body harus dilepas dulu dari selang rem untuk memudahkan
proses pengerjaan.
Ini penampakannya.
Agar lebih
mantep baud caliper rem ganti baru keduanya, dan lumasi breket caliper supaya
tidak seret dan berkarat .
Ok bro sekian dulunya, tidak ketinggalan ini
vidionya chek it dot…
Salam satu aspal …. Safety first….
Komentar
Posting Komentar