Buat para bro semua, yang gemar otak atik motor, terutama
motor ? ya iyalah masa motor kucing. Kali ini akan sedikit gua omongin tentang
sistem elektronik sepeda motor, karena ini hal dasar bisa paham sukur – sukur
jago di ilmu rengka gunung yang paling bikin mumet kepala , biar ngga
kepanjangan omong langsung aja sikat.
System elektronik sepeda motor di bagi menjadi :
- Sistem Pengapian.
- Sistem Pengisian dan penerangan.
- Sistem Tanda tanda ( beban ).
- System Pengapian
Alur kerja pada sepeda motor yang berfungsi untuk
menghasilkan tegangan tinggi yang di perlukan oleh busi untuk memercikan bunga
api. Pada sepeda motor system pengapian dibagi menjadi 3 yaitu :
- Pengapian DC ( karbu )
Komponennya yaitu Accu ( aki ), fuse ( sikring ), kunci
kontak, Spull magnet ( pulser ), CDI, koil, cop busi / cangklong, busi.
ciri cirinya socket
kunci kontak terdiri dari dua kabel, tidak ada spull pengapian ( hitam/merah),
biasanya sepul magnet basah oleh oli ( kecuali matic), pengapian bersumber dari
accu.
- Pengapian AC ( karbu ).
Spull magnet ( pengapian dan pulser ), kunci kontak, cdi,
koil, cop busi / cangklong busi, busi.
Ciri ciri soket kunci kontak terdiri dari 4 kabel minim ,
pengapian bersumber dari spull ( spull pengapian warna kabel untuk motor Honda
hitam/merah tahanan 100 – 400 ohm pada suhu 20 derajat celcius . Sedangkan tahanan
pulser biru/kuning tahanannya 180 – 280 ohm suhu 20.
- Motor injeksi (full transistor.
Accu ( aki ), fuse ( sikring ), kunci kontak, Sensor CKP,
ECM, Koil,cop busi/ cangklong, busi.
Ciri pengkabutan bahan bakar sudah system elektronik, ccu
sebagai sumber tenaga.
- Sistem kelistrikan atau baban.
Bersumber dari accu / aki / batrey, jika accu lemah semua lampu akan redup, sementara klakson
tidak nyaring suaranya, starter elektrik juga tidak berfungsi.
Klakson / horn
Sen / winker
Lampu rem
Lampu kota / senja
Indicator bensin
Indikator gigi, dll
- Sistem penerangan dan pengisian
Komponen utamanya adalah spull penerangan dan spull pengisian,
accu, kiprok / rectifier, spull pengisian berfungsi untuk menyuplai arus
pengsian ke accu yang dihasilkan oleh perputaran magnet, agar accu tidak cepat
ngedrop. Sementara untuk spull penerangan berfungsi sebagai pembangkit arus
penerangan yang menuju lampu utama jika menggunakan system penerangan AC,
sebaliknya jika system penerangan DC mengandalkan arus langsung dari accu.
Untuk pengecekan tahanan spull penerangan umumnya 0,1 – 0,8
ohm, sedangkan pengisian 0,2 – 1,0 ohm pada suhu 20 derajat. Untuk tahanan
spull jika lebih besar dari standart berarti abnormal, lakukan penggantian atau
gulung ulang spull ( untung untungan/ posisi boke) he….
Ngga kumplit rasanya kalau ngga sekalian tahu warna
kabelnya, karena semua merk motor memakai warna kabel yang berbeda memang ada
yang sama tapi sedikit, berikut arti warna kabel dari motor pebrikan jepang yang
sering nongol di jalan raya.
Warna kabel ini warna
dasar, biasanya untuk rangkain lama atau pada motor jenis karburator, sedangkan
untuk jenis injeksi ada beberapa tambahan dan sayangnya gua belum menemukan
polanya he…. Next time aja kalau udah punya mental dikit soalnya mulu sama Valentine
Rossi?? Apa hubungannya? Bingungkan pada, sama gua juga bingung mending
langsung check aja n bro.
Arti Warna Kabel Sepeda motor :
Warna Kabel Yamaha
Hitam : massa berlaku untuk semua negative (-) pada
rangkaian.
Hijau : arus beban penerangan.
Merah : arus positif dari accu.
Kuning : lampu jarak jauh.
Coklat : lampu sein / riting..
Hijau : arus beban ( penerangan dll)
Putih merah : pulser cdi
Hijau / hitam : rem
Pink : klaokson
Biru / Hitam : lampu kota atau senja.
Hitam / Putih : kontak motor.
Warna Kabel Honda
Hijau : massa berlaku untuk semua negative pada sepeda rangkaian.
Merah : arus dari accu.
Hitam : kunci kontak.
Putih : spull pengisian atau arus pengisian, dan lampu
dekat.
Kuning : spull penerangan dan arus beban ke lampu utama.
Biru : lampu jauh.
Abu – abu : flasher
Biru muda : lampu sein / riting kanan.
Orange : lampu sein / riting kiri.
Coklat : lampu senja / kota.
Merah / Hitam : spul CDI.
Hitam / Putih : kunci kontak.
Hitam / Kuning : koil.
Biru / Kuning : pulser CDI.
Hijau / Kuning : lampu rem.
Warna Kabel Suzuki
Hitam / Putih : massa berlaku untuk semua negative ( - )
pada rangkaian.
Putih / Merah : spull pengisian di magnet.
Putih / Biru : koil ke CDI.
Putih / Hitam : lampu rem.
Kuning / putih :
penerangan lampu.
Biru / Kuning : pulser ke CDI.
Merah : accu.
Orange : kunci kontak.
Abu – abu : lampu belakang.
Hijau muda : lampu sein / riting kanan.
Hitam : lampu sein / riting kiri.
Warna Kabel Kawasaki
Hitam / Kuning : massa berlaku untuk semua negative di
rangkaian.
Putih / Merah : accu.
Merah / Hitam : Lampu jauh.
Merah / kuning : lampu dekat.
Abu – abu : lampu sein / riting kanan.
Hijau : lampu sein / riting kiri.
Biru : lampu rem.
Merah : lampu belakang.
Coklat : klakson.
Ok bro demikian jenis warna kabel pada sepeda motor pabrikan
jepang, nah untuk warna kabel sensor pada motor injeksi sangat ngejelimet jadi
gua angkat tangan dulu, besok baru angkat kaki. Sekia dulu postingan dari gua, don’t
forget safety first, keep ridig no arogan salam satu aspal…