Apa kabarnya para bro sekalian, entah mba bro atau pun mas
bro yang pasti yang berkunjung disini pasti orangnyaa kece dan keren, baik hati
suka menabung he…. Sekarang sudah eranya
motor matik karena simple buat jalan di trek perkotaan, motor bergigi sudah
mulai di tinggalkan oleh para biker. Tapi ada beberapa kendala yang sering di
keluhkan oleh pera biker tentang motor metiknya mulai dari cvt yang geter saat
tarikan pertama, ngga ada tenaganya. Untuk cvt geter its ok lah, masalah clasik
yang sering di jumpai, nah yang ngga ada tenaganya itu butuh cek dan ricek yang
ekstra untuk menemukannya.
Sebenarnya untuk pengecekan pertama ngga perlu langsung main
bongkar kanan, kiri, atas, bawah, cukup dilihat dulu, cari kondisi abnormal
dari motortersebut. Contohnya lampu depan ngga menyala saat posisi switch / saklar
on untuk non aho, atau ada rembesan oli di bagian shock depan, mungkin juga ada
rembesan oli di bagian cvt. Karena yang lagi diomongin sekarang tenaga / power,
maka urusan lampu dan shock depan dikesampingkan dulu. Untuk penjelasan
mengenai Aho ada di link ini
Setelah dilkukan pembongkaran yang terjadi tara kejutan, oli
mesin yang membasahi seluruh bagian cvt dimulai dari v-belt, pulley depan dan
belakang. Jadi langsung ketemukan sumber masalahnya, dimulai dari mencari
jejek oli mesin yang menetes di bagian
cvt. Ini yang menyebabkan motor matic slip kopling ?? ya memang terdengar aneh, tapi itu terjadi
bila bagian cvt terdapat rembesan oli entah oli mesin atau oli gardan bisa juga
berasal dari bekas cipratan grease ( gemuk ) yang menempel paga v-belt.
Seharusnya bagian cvt itu kering tak ada oli atau grease dan
debu, tapi karana usia pakai jarak tempuh dari gunung yang di daki, lautan yang
di sebrangi… sory sory rada nglindur.
Intinya karna usia pakai, untuk itu perlu perawatan secara berkala, tiap
kilometer 8.000 dan 16.000 lakukan cuci cvt / overhuol cvt, kemudian tiap km
24.000 lakukan penggantian v-belt set disertai dengan penggantian greas, sukur
sekalian dengan sil driven face dan pice slide.
Agar memastikan tidak ada greas yang bocor saat motor
dijalankan, jadi sekali kerja langsung beres ngga perlu bongkar pasang sampai
apal posisi buad dan ujung – ujungnya ada baud yang ilang he… he… Ngomong
ngomong pada tahu ngga ni slip kopling ?? he…. Rasanya kaya pakai motor ditanah
dengan kubangan air, walaupun sudah di gas full motor tetep aja ngga bergerak
kurang responsive alias Cuma ngeden doang.
Nah ini contoh gambarnya bagian cvt penuh dengan
oli mesin, penyebab utamanya sil cvt depan bocor, akhirnya oli mesin rembes ke
bagian cvt, dan terjadilah slip kopling.
Ok bro sekian dulu buat postingan kali ini, salam satu aspal, keep riding no arogan, dan tak lupa ketinggalan gua siapin video yang ngga keren di bawah ini he.....