Dor… dor .. bukan bunyi
suara tembakan atau malah petasan tapi bunyi motor yang nembak saat mengurangi
kecepata dengan cara melepas gas (deselerasi). Kadang suara letupan ini terjadi
pada saat posisi motor dalam keadaan langsam / stasioner. Apakah ada efeknya ? palingan
uman bikin budge kuping doang.. et tunggu dulu. Suara letupan itu terjadi
karena adanya backfire bahasa lainnya after burn alias pembakaran kedua.
Back fire merupakan
pembakaran yang terlalu awal atau mendahului timing waktu pengapian sehingga
mengakibatkan sebagian api berbalik masuk kesaluran intake manifold. Resiko yang
paling ringan adalah overheating / suhu mesin yang terlalu panas, sedangkan
resiko paling berat stang seher / piston bengkok dan patah. Jadi jangan
dibiarkan terlalu lama jika sepeda motor lu mengalami hal ini.
Berikut Penyebab Terjadinya Knalpot Nembak :
Pemilihan Kode Busi yang salah
Busi part kecil yang
sering kali terlupakan, karena pada umumnya para biker akan mengganti busi jika
busi tersebut benar – benar tidak memercikan api. Padahal setiap pabrikan sepeda
motor menyarankan melakukan penggantian busi pada setiap 8.000 km kurang lebih
setahun sekali. Dan parahnya lagi para biker biasanya asal comot busi yang
dipakai ke sepeda motornya, tapi tenang gua bisikin pemilihan kode busi yang
benar ini linknya…
Knalpot Racing
Nah ini masalah umum
bagi para biker, baru ganti knalpot racing e… malah knalpot nembak dar… dor
ngga jelas. Hal ini sering kali terjadi karena penggantian knalpot racing, bisa
berasal dari leher knalpot yang tidak rapat (bocor) dengan lubang exhaust,
material knalpot yang kurang baik karena ternyata rego nggowo rupo (harga bawa
rupa).
Solusinya pertama lakukan cek pada leher knalpot jika
ada kebecoran segera lakukan perbaikan dengan menambah paking knalpot, karena
biasanya diameter lubang exhaust lebih kecil dari diameter lubang knalpot
racing.
Adanya Kerusakan di SAIS (Secondary Air Injaction System)
Ini sering kali terjadi
pada sepeda motor jenis karburator yang kontruksi mesinnya terpasang sais,
biasanya selang sais terpasang dibagian head silinder. Tapi ngomong – ngomong
sudah pada tahu sais belum ? yang sadah tahu dia anaknya pak RT berarti salah
besar, he….
Pengertian SAIS
(Secondary Air Injaction System)
SAIS itu berfungsi untuk pengaturan emisi gas buang yang terdiri dari sistem penyaluran udara sekunder yang memasukan udara yang telah di saring ke dalam gas pembuangan di dalam lubang pembuangan. Udara segar tersedot tiap kali ada tekanan negative di dalam system pembuangan gas, biar lenih jelasnya gua kasih gambarnya.
SAIS itu berfungsi untuk pengaturan emisi gas buang yang terdiri dari sistem penyaluran udara sekunder yang memasukan udara yang telah di saring ke dalam gas pembuangan di dalam lubang pembuangan. Udara segar tersedot tiap kali ada tekanan negative di dalam system pembuangan gas, biar lenih jelasnya gua kasih gambarnya.
Kalo pair chek valve rusak maka akan terjadi afterburn (pembakaran
susulan di dalam system pembuangan gas, maka terjadi dor… dor… (nembak). Untuk
perbaikan bisa dilakukan penggantian part pada pair chek valve, harganya
lumayan bro, bakalan bikin lu lumanyun he…
Tapi santai aja ada solusi untuk sementara / sementaun /
selamanya… biasanya si gitu, cukup memakai baud tap oli ring 17. Cari dulu
posisi pair chek valve dengan cara bongkar cover, karena terlalu banyak model
jadi gua ngejelasin ngga spesifik, sorry bro...
Cara Memperbaiki Sais :
- Siapkan Baud 17
Ring
- Sebenarnya baud
ini befungsi untuk menyumbat jalur SAIS, agar seperti motor konvensional
yang tak menggunakan SAIS.
- Lepas selang
SAIS yang menuju mesin.
- Setelah
terlepas selang yang menyambung air supply pipe dan sumpelkan baud tap oli
/ bisa juga pakai busi bekas pada selang besar yang menuju air supply
pipe.