Sejeworks - Teknologi
setiap hari terus berubah bukan jadi power rangers ya bro, he.. he... perubahan tersebut juga terjadi pada
sepeda motor tujuannya jelas untuk memperbaiki kekurangan dari sistem
terdahulu. Seperti system sistem pengapian dimana motor jaman dulu memakai
platina kemudian digeser menjadi CDI, dan dari pengkabutan bahan bakar
karburator konvensional, terus menjadi jenis karburator vakum, dan menjadi Sistem injeksi. Disamping
itu ada juga yang telah memakai teknologi Hybrid dan Motor listrik, tapi
sekarang yang mau dibahas masalah TBW (Throttle
by wire).
Pengertian Throttle by wire (TBW)
Throttle by wire ( TBW ) adalah istilah baru yang terdapat
pada sepeda motor Honda CBR250RR, teknologi ini sudah tidak memakai kabel gas
konvensional ( model lama ), tapi sudah memakai Sensor APS ( accelerator
posision sensor ) sebagai peenggantinya. Sehingg dapat mengurangi berat kabel
gas dan tata letak di sekitar setang kemudi agar menjadi lebih sederhana.
Cara Kerja Throttle by wire (TBW)
System
kerjanya hampir mirip grip gas sepeda listrik nah ada gambarankan, pokoknya
beti ( beda tipis ). Jadi ngga bisa di pasang gas spontan kaya motor motor
lainnya, sampai artikel ini di buat belum ada pabrikan spare part racing yang bikin
grip gas throttle by wire. Cara kerjanya saat gas tangan di putar setelah kunci
kontak di posisikan ke On dan mesin belum starter , Throttle valve ( koin /
butterfly karbu ) membuka dan menutup digerakan oleh motor dynamo, bukan lagi
kabel gas konvensional.
Handel / grip gas assy terdiri dari:
Grip gas
Switch satang kanan
APS ( accelerator posision
sensor )
Cara Merawat Throttle by wire (TBW)
Hal hal yang perlu dihindari, tidak
diperbolehkan membongkar sensor APS, dan jauhkan dari benda yang mengandung
kumparan magnet, karena di dalam sensor APS terdapat magnet sebagai komponen
utamanya. Untuk bagian Throttle body terdapat sensor yang akan menerima sinyal
dari grip APS sehingga motor dinamo menggerakan katup gas.
Gua kasih
gambar motornya garry salim yang kemarin podium satu di ARRC Malaysia, grip
gasnya ngga ada rubahan tetep pakai bawaan pabrik.
Karena teknologi Throttle
by wire ( TBW ) dipasang pada Honda CBR250RR, jadi kurang lengkap jika tidak
mengupas motor tersebut. Honda CBR250RR merupakan saingan terbaru dari Yamaha
R25 dan Kawasaki Ninja 250R untuk kategori motor sport 250 cc. Body serat
karbon yang menempel membuat beratnya lebih ringan disamping itu berbagai gen
teknologi honda di motogp juga disematkan padannya.
Honda CBR250RR mempunyai mesin
DOHC 2 silider sejajar dengan 8 klep dan memakai 6 tipe percepatan, selain itu
adanya piliihan mode untuk berkendara mulai dari Mode Sport, Comfort dan Sport
+. Membuatnya lebih unggul dari merk yang lain, selain itu untuk sektor lampu –
lampu dari lampu depan, lampu belakang dan lampu sen memakai jenis LED.
Kelebihan lainnya pada
suspensi depan telah memakai Upside Down dan sistem pengereman pabrikan berlogo
sayap mengepak ini memberikan dua pilahan kepada konsumen, yaitu ABS (Antilock
braking sytem) dan Non ABS atau rem cakram konvensional. Perbedaan tersebut
memberikan perbedaan harga jual antara ABS dan Non ABS, sekitar 5 juta rupiah.
Untuk lebih jelasnya berikut spesifikasi Honda CBR250RR, check it dot....
Spesifikasi ALL NEW CBR250RR
DIMENSI
P X L X T :
2.060 X 724 X 1.098 mm
Jarak Sumbu Roda :
1.389 mm
Jarak ke Tanah :
145 mm
Tinggi Tempat Duduk: 790 mm
Kapasitas Tangki :
14.5 liter
Berat Kosong :
168 kg
ENGINE
Tipe Mesin : 4 – stroke, 8 valve, parallel twin cylinder
Volume Langkah :
249,7 cc
Sistem Pendingin :
liquid cooled with auto electric fan
Sistem Bahan Bakar :
PGM – FI
Throtle Possion :
Throttle – By – Wire System with Accelerator Position Sensor
Diameter x Langkah :
62,0 X 41,4 mm
Rasio Kompresi :
11,5 : 1
Transmision :
manual, 6 kecepatan
Pola Gigi :
1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
Starting system :
electronic starter
Kopling system :
multiplate wet cluch with coil spring
Tipe pelumasan :
basah (pressing and spray)
Kapasitas oli :
1,9 L (penggantian periodik)
RANGKA
Tipe rangka :
truss
Ukuran ban depan :
110/70 – 17 54S (tubeless)
Ukuran ban belakang : 140/70 – 17 66S (tubeless)
Rem depan : hydraulic disc, dual piston (STD
type & ABS type)
Rem belakang : hydraulic disc, single piston (STD type &
ABS type)
Suspensi depan :
inverted telescopic front suspension
Suspensi belakang :
aluminum swing arm
Harga Honda New CBR250RR
Non ABS
Honda New CBR250RR STD Black Freedom Rp 60.605.000
Honda New CBR250RR STD Bravery Mat Red Rp 65.430.000
Honda New CBR250RR STD Racing Red Rp 66.030.000
Honda New CBR250RR STD Mat Gunpowder Black Metalic Rp
65.430.000
ABS
Honda New CBR250RR STD ABS Racing Red Rp 72.080.000
Honda New CBR250RR STD ABS Mat Gunpowder Black Metalic
Rp 71.480.000
Honda New CBR250RR STD ABS Bravery Mat Red Rp 71.480.000
Spesial Edition
Honda New CBR250RR Kabuki Rp 72.128.000
Honda New CBR250RR Repsol Edition Rp 72.375.000
Harga Honda CBR250RR Bekas
Honda CBR250RR bekas berkisar antara 50 jutaan,
tergantung jenis, tahun pemakaian dan kondisi motor tersebut. Biar lebih jelasnya berikut videonya bro, tapi jangan lupa subscribe ya..