Sejeworks – Bisnis ya ngomongin kata ini berarti UUD
(ujung – ujungnya duit) ya ngga bro, karena semua orang suka duit ngga muda,
tua, bocah, cewe, cowok, biker, tukang ojeg, penumpangnya dan tukang nebeng
he... Itu selingan saja bro, karena kali ini gua mau ngomongin tentang seluk
beluk bengkel motor. Tempat dimana gua nyeri duit buat gua sendiri, dan orang –
orang yang tiap lebaran pada ngarep angpo dari gua he...
Sebenarnya gua nulis artikel ini agak malu – malu kucing
karena gua sudah pernah bengkrut lebih dari satu kali pada bisnis yang gua
bangun sendiri pakai duit sendiri dan ngutang ke saudara kandung. Ngenes ngga
bro ha.... dan lebih ngenes lagi gua belum sukses dan stampel kuli dibengkel
orang masih gua jalani ha.... ha... biarin gua tertawain diri gua sendiri.
Tapi kali ini gua mau membagikan pengalaman gua supaya
lo ngga bangkrut dan memikirkan matang – matang, sukur – sukur malah ngga jadi
bisnis bengkel motor. Biar ngga banyak pesaing ha... ha... Tapi kalau lo memang
ngbet banget mending baca sampai tuntas dan lebih bagus lagi baca sampai 10
kali.
Peluang Bisnis Bengkel Motor
Bicara peluang berarti kesempatan untuk masuk dan
bertahan, sedikit mengutip kata – kata Manager PT. **** “ Semakin Manis Kue Yang Berada Dalam Meja,
Maka Semakin Banyak Semut Disekitarnya “. Jadi lo kalau khawatir ngga bisa
masuk ke bisnis bengkel motor lo salah besar karena peluangnya ada, Konsumen /
Pembeli banyak, tapi ngga dimodalin dan
harus modal sendiri he...
Kenapa gua ngomong peluangnya ada karena setiap hari pabrik
– pabrik sepeda motor berproduksi setiap hari dan seharinya mencapai kurang
lebih 1.000 unit. Terus barangnya kemana jelas dijual ke pasar lokal dalam
negri dan hanya beberapa persen di ekspor keluar negri, kalau kurang jelas buka
saja web badan pusat statistik.
Alasan Kenapa Buka Usaha Bengkel Motor
Kenapa Memilih bisnis bengkel motor ? karena motor ngga
ada habisnya, hampir setiap rumah memiliki lebih dari satu sepeda motor.
Keuntungan yang didapatkan bisa berkali – kali lipat, mulai dari penjualan
spare part, harga jasa pemasangan, barang bekas yang masih bisa dijadikan duit.
Dari oli mesin bekas, kanvas rem, gear set, shock beker, kardus, ban luar bekas
dan botol oli mesin, ngeri ngga bro sampahnya saja bisa jadi duit. Selain itu
jika spare part tidak laku, maka ngga perlu takut basi atau dimakan tikus dan
kecoa karena kedua binatang tersebut ngga doyan he...
Jujur saja untuk memulai bisnis bengkel motor atau
bisnis apa saja ngga terlalu sulit, yang sulit adalah untuk bersaing dan
bertahan dari seleksi alam. Minimal lo sudah punya skil bongkar pasang cover, pasang
mur baud kearah mana ngencengin mana ngendorin, pasang kanvas rem cakram,
kanvas teromol, bongkar pasang ban luar dalam, stel rantai, ganti gear set. Itu
jika lo memulainya dengan modal yang sangat minim dan tidak bisa mempekerjakan
meknik yang sudah punya skil, tapi kalau lo punya modal agak gede seenggaknya
skil teknik ngga terlalu penting banget dan pengetahuan tentang spare partlah
yang harus dikuasai.
Pilih Mana Bisnis Bengkel Resmi, Bengkel Umum atau Bengkel Variasi
Nah jika sudah mulai mantep kita juga harus lihat
seberapa dalam isi kantong kita, karena hal ini sangat menentukan untuk
kelangsungan usaha. Karena hampir setiap usaha rintisan apa saja bengkel,
salon, toko dan masih banyak lagi, ditahun pertama pasti akan minus dan ditahun
pertama juga kebanyakan usaha rintisan akan tumbang dan gue mengalaminya dua
kali ha.... ha... curhat sedikit bro...
Maka dari itu tentukan sumber pemodalanmu bro, jangan
pinjem ke bank karena ini baru rintisan dan jangan sampai sudah jatuh tertimpa
tangga amit ... amit ya bro... Usahakan sumber modal berasal dari kantong
pribadi seutuhnya dan jika mau pinjam ke IMF (Istri, Mertua dan Family), jika
ngga ada sumber dana lagi sudah nekat pakai duit sendiri jangan coba ngutang
he.....
Modal Usaha Bengkel Motor
Modal Kecil
Untuk modal kecil 10 juta apakah cukup ? ya dicukup –
cukupin bro, kalau ngomong duit itu ngga ada batesnya dan ngga akan selesai –
selesai he... Tapi untuk modal segini syarat utamanya gedung / bangunan untuk bengkel punya sendiri dan
tidak ngontrak dan jika terealisasi akan lebih terlihat seperti tambal ban dari
pada sebuah bengkel.
Jika masih ngontrak duit 10 juta bakalan langsung habis
buat bayar kontrakan, ngga percaya coba saja cari kontrakan toko dijakarta dan
sekitarnya pasti langsung habis atau bahkan kurang untuk bayar kontrakan.
Ini Estimasinya Bro :
Sewa Tempat : punya sendiri
Spesial Tool
Kompresor Listrik / Bensin ¼ Pk Rp. 1.500.000,
Avo Meter Rp.
100.000,
Congkelan Ban 2 Rp
70.000,
Total Rp
1.670.000,
Tool CVT
Fly Wheel / Raket Rp.
150.000,
Universal Holder Rp.
150.000,
Kunci Ring 38 / 40 Rp.
100.000,
Total Rp. 400.000,
Heavy Repair Tool
Obeng Ketok Rp.
250.000,
Palu Besi Rp.
100.000,
Palu Karet Rp.
50.000,
Kunci Shock 1 set Rp.
250.000,
Kunci L Hex 1 set Rp.
100.000,
Kunci L Bintang 1 Set Rp.
100.000,
Kunci Inggris Rp.
100.000,
Total Rp.
950.000,
Hand Tool
Obeng (+) biasa Rp.
20.000,
Obeng (+) cebol Rp.
20.000,
Obeng (+) besar Rp.
20.000,
Obeng (-) cebol Rp.
20.000,
Obeng (-) biasa Rp.
20.000,
Obeng (-) besar Rp.
20.000,
Kunci T 8, 10, 12, 14, 17 Rp. 150.000,
( 30 ribu persatuan)
Kunci Ring 1 Set Rp.
250.000,
Kunci Pas 1 Set Rp.
250.000,
Kunci Kombinasi 1 Set Rp.
250.000,
Tang Biasa RP.
70.000,
Tang Potong Rp.
50.000,
Tang Long Nouse Rp.
50.000,
Tang Sirklip In Rp.
50.000,
Tang Sirklip Ex Rp.
50.000,
Stelan Angin Rp.
10.000,
L kapet Rp.
30.000,
Dur Klep 17 / 22 Rp.
30.000,
Total Rp. 1.340.000,
Total keseluruhan untuk membeli kunci – kunci Rp.
4.360.000, selebihnya bisa dibelanjakan untuk membeli spare part fast moving
seperti Kanvas rem, bohlam, oli mesin, oli gardan, oli samping, lampu sen,
lampu senja. Tapi yang lebih penting lagi pikirkan juga lemari etalase dan
tempat untuk wadah baud, spare part, baskom oli mesin.
Itu semua rincian realnya bro, dan memang ada beberapa
yang belum tertulis tapi seenggaknya jika lo mau nekat bikin bengkel lo bakalan
punya gambaran ngga kosong – kosong banget.
Modal Menengah
Modal menengah bisa dikatakan dibawah 100 juta, kalau
dihitung memang banyak banget apalagi duit orang yang dihitung he... sedikit
curhat. Tapi bro jika lo buka bengkel dengan sewa tempat 30 juta pertahun, duit
segini cuman jadi bengkel yang biasa saja dan ngga terlalu beda banget dengan
bengkel diatas. Karena apa biasanya bengkel dengan modal kecil didirikan oleh
orang yang sudah faham tentang seluk beluk motor, sementara yang modal diatas
20 juta didirikan oleh orang yang baru masuk kedunia motor “ gua bukan ngejugde
ya bro, hanya reset kecil – kecilan sendiri ”.
Tapi lain kasus jika lo sudah punya tempat dan punya
duit 100 juta buat buka bengkel, nah ini akan jadi bengkel yang lumayan besar
karena tidak ada biaya untuk sewa tempat dan duit untuk belanja spare part akan
sangat banyak.
Sedangkan untuk kunci – kunci / hand tool bengkel
menengah bisa menambahkannya atau mengkompliti kunci – kunci yang dipakai pada
bengkel motor modal kecil. Tambahan kunci atau malah penggantian alat antara
lain kompresor dari ¼ pk diperbesar ya minimal 2 pk sukur malah lebih besar.
Tambahan Kunci – kunci bengkel :
Impact kecil Rp
300.000,
Impact Besar Rp
900.000,
Avometer Sanwa Rp
500.000,
Ragum Sedang Rp
2.500.000,
Palu 5 Kg Rp
150.000,
Scanner Honda Rp
2.000.000,
Scanner Yamaha Rp
2.000.000,
Pressure Guage Rp
1000.000,
Gerinda Rp
850.000,
Bor Listrik Rp
850.000,
Kunci Pas 30 / 32 Rp
50.000,
Total Rp
11.100.000,
Link Terkait
Modal Besar
Nah yang modal besar ini biasanya akan menjadi bengkel
resmi, paling tidak jumlah duit yang dimiliki kisaran ratusan juta. Karena apa
untuk menebus 1 bike lift harus membayar 8 juta. Bayangkan kalau ada 4 bike
lift berarti duit yang dipakai untuk naruh motor doang harus ditebus 32 juta.
Belum taster dan hand tool, satu set hand tool dengan taster (tempat naruh
kunci – kunci) berharga sekitar 10 juta, bagaimana bro geleng – geleng ngga
he...
Tips Memulai Bisnis Bengkel Motor
Tekad yang bulat, kalau mau bikin usaha bengkel tapi
ragu takut bangkrut atau gulung tikar mending ngga usah sekalian bro... Yang
pasti jatuh bangun di kehidupan itu hal biasa, tapi pada intinya cepatlah
bangun saat terjatuh dan jangan menyerah... yaelah udah kaya motovator saja gua
he...
Pemilihan lokasi adalah hal utama, karena ini bisnis jualan
part dan jasa perbaikan maka calon konsumen harus mengetahui dengan jelas
dimana lokasi bengkel. Pilih dijalan raya yang sering dilewati oleh kendaraan
bermotor, dan kendaraan yang lewat tidak melaju dengan kencang. Maksudnya usahakan lokasi
berada pada perempatan atau tikungan dengan lahan parkir yang memadai agar para
pengendara memelankan laju kendaraannya.
Jam buka yang konsisten , walaupun disini lo adalah boss
yang mengatur semua seluk beluk bengkel tapi sebisa mungkin tidak main – main dalam
mengatur jam buka bengkel. Jangan senen kemis baru buka, jika sudah menyangkut
bisnis profesionalisme adalah segalanya.
Ada yang ketinggalan.biaya surat izin usaha,dan pembayaran pajak penghasilan tiap bulan
BalasHapus