Sejeworks – Yamaha Vixion salah satu pelet jepang yang
cukup manjur untuk menggaet kaum hawa he.... he.... Dari tongkrongannya yang
enak dipandang, di modifikasi dan satu lagi performa yang cukup mumpuni untuk
mesin dengan rasio kompresi 10,4 : 1. Tapi bro, namanya juga produk buatan
manusia semuanya ada batasannya atau kekurangannya. Sehingga seiring
berjalannya waktu yamaha vixion akan timbul problem atau masalah yang akan
dihadapi oleh para bikers.
Salah satunya ban bocor ?? what, itu hal biasa bro, oh
iya berarti ralat dulu. Salah satunya motor ngebul, motor brebet, sering mogok
dan lampu indikator ngedip – ngedip. Untuk lebih jelasnya langsung saja check
it dot bro...
Penyakit Yang Sering Terjadi Pada Yamaha Vixion
Yamaha Vixion Ngebul Putih
Pabrikan Yamaha sekarang ini menerapkan teknologi
dialsil pada semua produknya, tujuannya untuk menambah power dan menjaga usia
pakai dari piston dan cylinder comp. Tapi bro saat motor ngebul putih parah ini
berarti gaswat bingit, karena piston dan cylinder comp tersebut tidak bisa
dikorter atau oversize. Dan solusinya adalah menggantinya secara utuh atau satu
set tapi jika memang mau dipakasa untuk mengoversize jalan terakhir adalah
ganti boring cylinder comp.
Terasa kurang rasanya jika tidak ngomongin harga ganti
piston dan cylinder comp, untuk mengganti kedua part tersebut bisa ditebus
kurang lebih Rp 800.000 belum termasuk biaya penggantiannya.
Komstir Yamaha Vixion
Untuk yang satu ini trobel atau masalahnya terletak
dibagian stang kemudi, hal ini ditandai dengan sepeda motor yang susah
dikendalikan saat diajak jalan. Sepeda motor terasa mau ngebanting entah ke
kanan atau kiri dan kadang kala terasa mau copot saat melewati tanggul atau
polisi tidur.
Solusinya dengan menyetelnya tapi ini untuk jangka
pendek sedangkan solusi jangka panjangnya jalan satu – satunya dengan mengganti
part tersebut. Harganya berkisar Rp 500.000 beserta pemasangannya untuk vixion
lama, tapi untuk NVL harganya kurang lebih Rp 250.000.
Yamaha Vixion Brebet
Untuk yang satu ini banyaknya sekali penyebabnya dan
mesti check satu persatu agar sumber masalahnya kelar. Untuk lebih jelasnya dan
tak kelamaan ngomong ngalor – ngidul langsung saja check it dot.
Kode Panas Busi
Pemilihan busi yang tidak yang tidak sesuai standar
anjuran pabrik dalam jangka lama akan menimbulkan problem mulai dari brebet dan
pre-ignition. Maka dari itu perhatikan baik – baik kode busi yang dipakai dan
jangan asal comot bro...
Ini link kode busi yamaha bro dari standar pabrikan
sampai busi iridium dan platinum.
Tangki Kemasukan Air
Ini sebenarnya sering kali kita bahas, tapi akan gua
singgung sedikit karena air merupakan momok yang menakutkan bagi motor – motor injeksi
baik batangan ataupun matic dan bebek karena akibat yang ditimbulkan cukup
menguras kantong. Mulai fuel pump rusak, tangki bocor dan tarikan motor menjadi
brebet, biar tambah mantep ini linknya bro...
Coil Lemah
Untuk part yang satu ini cukup susah mendeteksinya,
karena harus memakai alat yang lumayan rebet ya itu peak volt tage adaptor. Gejalanya
jika koil mulai lemah tarikan motor akan brebet karena koil berfungsi sebagai
pembesar arus pengapian dari ECU, dan bisanya motor akan sering kali mogok.
Kiprok Rusak
Ngomongin kiprok berarti accu / aki akan ikut terseret
karena kedua part ini saling berkaitan. Kerusakan pada kiprok akan menimbulkan
masalah disistem pengisian, sehingga accu akan sering kali ngedrop bukan hanya
ganti sekali malah kadang berkali – kali.
Untuk lebih menguatkan ini bro, videonya tapi jangan
lupa subscribe dulu ya... he...
Ok, sekian dulu bro jangan lupa safety firts & keep
riding no arogan salam satu aspal...
terimakasi gan, sangat bermanfaat.
BalasHapuskujungi juga website kampus kita http://www.atmaluhur.ac.id/