Sejeworks – Sering kali sepeda motor mati mendadak saat
posisi turun gas, padahal kalau dilihat umur kendaraan paling belum sampai satu
tahun. Atau sepeda motor lama tidak digunakan alias dibiarkan nganggur giliran
mau dipakai malah ngga mau hidup. Padahal sudah pakai elektrik starter berkali
– kali sampai accu mau soak / ngedrop dan sudah pakai kick starter alias
diengkol sampai – sampai kaki terasa mau copot. Tapi tetep saja motor ngga mau
hidup, buat para bro yang agak peka saat memakai kick starter biasanya akan
mengalami perbedaan beban engkol atau tekanan kompresi yang biasanya besar tiba
– tiba loss compresi (hilang kompresi).
Untuk itu check it dot biar jelas apa itu loss kompresi
? apa penyebab loss kompresi ? cara mengatasi loss kompresi ? dan ciri – ciri
loss kompresi ? apa perbedaan antara loss kompresi dan bocor kompresi ? karena gua lagi baik hati tidak sombong. Jadi
kita omongin sampai kelar dan sukur – sukur memecahkan tanda tanya yang ada
dibenak pikiran lo he....
Apa itu Loss Kompresi dan Bocor Kompresi
Loss Kompresi sebenarnya berasal dari kata Lost dan Compression,
tapi jika penulisannya jadi ke Inggris gado – gado Indonesia gua nggak tau yang
pertama kali nulis tulisan tersebut dipencarian mbah jambrong he... he... Balik lagi ke kata Lost dan Compression, ‘Lost
berarti hilang’ dan ‘Compression berarti kompresi atau tekanan’. Jadi secara
utuh adalah hilangnya tekanan semantara yang dihasilkan oleh piston diruang
bakar pada sebuah mesin sepeda motor. Apasih akibatnya ? ya jelas sepeda motor
tidak akan bisa dihidupkan karena Kompresi salah satu syarat hidupnya sepeda
motor.
Bandingkan dengan foto diatas
Selain itu ada juga bocor kompresi, sebenarnya hampir
sama pengertiannya cuman bedanya kalau loss kompresi ‘ tidak ada tekanan sama
sekali dari piston tapi terjadi hanya sementara’. Sedangkan bocor kompresi
‘melemahnya tekanan kompresi dari piston secara bertahap atau berangsur –
angsur dan dalam waktu yang lama’. Jadi lamanya waktu menjadi letak perbedaan
dari kedua istilah tersebut.
Cara Mengatasi Loss Kompresi dan Bocor Kompresi
Loss kompresi dan bocor kompresi sering kali terjadi
pada sepeda motor, jika yang terjadi hanya loss kompresi maka caranya sangat
lah gampang sekali yaitu dengan memasukan oli mesin ke ruang bakar lewat lubang
busi. Tapi jika yang terjadi bocor kompresi atau loss kompresi stadium parah
he... maka solusinya bongkar mesin atas
dengan melakukan skir klep dan pengggantian pada sil klep dan part – part
lainnya.
Untuk motor matic ini bro, yang yang biasa mengalami
loss kompresi di jalan raya ngga perlu panik pakai banget bro. Langkah pertama
pinggirkan sepeda motor agar tidak mengganggu kendaraan lain.
- Posisikan sepada motor pada posisi standar tengah, coba
pakai kick starter atau engkol dahulu sambil merasakan apakah ada tekanan
kompresi saat mengengkol sepeda motor.
Kemudian buka grip gas secara penuh, jangan lupa kunci
kontak posisi On sambil melakukan kick starter atau elektrik starter. Tujuan grip
gas dibuka secara penuh agar bahan bakar yang masuk keruang bakar menjadi lebih
maksimal.
- Jika sepeda motor belum juga hidup coba biarkan sampai kondisi
suhu mesin menjadi dingin, selanjutnya lakukan proses diatas kembali.
- Tapi sering kali jurus – jurus diatas tidak ampuh maka
perlu memakai jurus yang ketiga he... yaitu dengan memberi oli mesin (baru /
bukan bekas) sebanyak satu sendok makan kedalam ruang bakar.
- Caranya copot busi dari mesin, sehingga akan terlihat
lubang busi kemudian masukan oli mesin kedalam ruang bakar, cara memasukannya
bisa memakai botol bekas oli gardan yang disambung dengan selang.
- Setelah itu engkol – engkol / kick starter dengan
catatan busi belum dipasang pada mesin, jika dipasang pada mesin maka beban
kompresi terlalu besar sehingga piston atau silinder comp bisa pecah.
Penyebab Loss Kompresi dan Bocor Kompresi Sepeda Motor
Klep In dan Ex Bocor
Kebocoran pada klep masuk dan klep buang terjadi karena
adanya kerak karbon yang menumpuk sehingga lubang klep tersebut akan ditutupi
kerak karbon. Akibat dari penumpukan kerak karbon disekitar lubang klep
tersebut maka payung klep (valve) tidak akan tertutup dengan sempurna di
dudukan klep (lubang klep).
Selain berasal dari kerak karbon kebocoran kompresi juga
diakibatkan dari piston dan payung klep yang bertubrukan (piston dan klep
nabrak) sehingga klep menjadi bengkok. Hal ini terjadi bisa karena timing yang
tidak pas / gear sentrik yang loncat.
Kok gear sentrik bisa loncat ? jelas bisa bro, sebabnya karena adanya
kerusakan dibagian keteng / rantai mesin dan lifter assy tensioner (penonjok
keteng).
Piston dan Silinder Comp Rusak
Nah yang ini penyebab loss kompresi yang paling sering
terjadi, yaitu motor 4 tak yang ngebul putih. Piston dan Silinder Comp yang
rusak menyebabkan loss kompresi karena oli mesin yang seharusnya tidak masuk
keruang bakar, malah rembes keruang bakar dan ikut terbakar dan bahan bakar.
Jadi kesimpulannya jika sepeda motor mengalami kerusakan pada piston set
(termasuk ring piston) dan silinder comp akan mengalami kebocoran kompresi,
suara mesin kasar dan motor menjadi ngebul putih.
Ring Piston Sudah Mulai Aus
Ring piston alias ring seher atau cincin torak dan masih
banyak lagi sebutannya mengalami keausan / sudah mulai lemah akan menjadi
penyebab terjadinya loss kompresi. Meskipun kondisi piston dan silinder comp
masih mulus tanpa adanya kerusakan / mbaret, tapi belum tentu ring pistonnya
mulus juga. Memang secara kasat mata tidak akan terlihat tapi tenang masih bisa
diprediksi lho bro, yaitu dengan mengecek kebocoran dari klep in dan ex. Jika
tidak ada kebocoran pada klep in dan ex, kemudian keadaan piston dan silinder
comp mulus ngga lecet maka bisa dipastikan penyebab kebocoran kompresi berasal
dari ring piston tersebut.
Ukuran Stelan Klep yang Terlalu Rapat
Apakah stelan klep juga berpengaruh ? jelas banget
sangat berpengaruh bro, kadang kala ada sebut saja oknum ya bro, yang main stel
– stel saja tanpa mengetahui standart ukuran klep motor tersebut. Kalau terlalu
longgar maka ada noise / bunyi di daerah klep dan jika dibiarkan begitu saja
maka komponen di sekitar klep tersebut akan rusak karena adanya benturan yang
lebih keras jika memakai ukuran celah klep standart. Sebaliknya jika stelan
klep terlalu rapet maka akan mengakibatkan kebocoran kompresi karena klep
selalu dalam keadaan tertekan tanpa adanya kondisi netral tanpa tekanan.
Ciri – Ciri Motor Loss Kompresi dan Kompresi Bocor
Sebenarnya untuk mengetahui loss kompresi dan bocor
kompresi harus memakai alat bro julukannya Compression Tester. Tapi jika tidak
mempunyai alat tersebut bisa memanfaatkan jempol tester dan kaki tester he...
Cara cukup mudah yaitu pastikan kunci kontak posisi Off,
kemudian lepas busi dan tutup lubang busi dengan jempol atau jari telunjuk sampai
lubang tersebut rapat. Kemudian lakukan kick starter atau engkol, jika tidak
bisa dilakukan sendiri maka lakukan dengan dua orang ngga perlu satu kelurahan
ya bro...
Ok bro untu memper jelas apa itu skip kelp check it dot
videonya jangan lupa subscribe ya.... he...
Berhubung tulisan gua sudah kaya cerpen jadi gua udahin
dulu, jika menurut lo bermanfaat bagikan ke komunitas lo, salam satu aspal ....
safety first & keep riding no arogan.. wor... wor..
Baer mannfaat,,mksh
BalasHapusitu yang di kasi oli lubangnya lalu di tutup kagak bang
BalasHapusIya bro tutup dulu pake jari stater pake kick stater trs bru pasang businya trs stater lgi
HapusMaaf nyetrum ga sih
HapusBermanfaat barusan sayarngalaminya
BalasHapusterimakasih ilmunya gan
BalasHapusbahaya ga om kalau dibiarin gtu aja?
BalasHapusmotor ana sering banget gtu. g isa ilang permanen tah?
BalasHapusAssalamualaikum mas knp motor tiba tiba mati dan tdk mau lg bunyi padahal kelistrikan ada
BalasHapusmakasih gan, var tek saya juga mengalami hal yang sama. dan kata teknisi yang saya jumpai bahwa saya sudah terminum oli palsu. apakah saya harus ganti tiang sokar atau tidak gan?
BalasHapusKata bengkel motor saya lost kompresi dan katanya harus turun mesin yg biaya lumayan mahal .apa betul bang harus turun mesin ?
BalasHapus