Selamat datang para bro semua long time no see, kali ini
gua mau ngomongin soal accu / aki kering (maintenance free). Bukan masalah
harga atau plus minusnya tapi mereparasi accu yang sudah ngedrop alias soak,
bagaimana tertarik untuk mencobanya ?. Modalnya hanya 20 ribu 5 ribu untuk beli
air accu zuur dan 15 ribu untuk beli sealant, accu kering bisa normal jaya lagi
dan bisa dipakai untuk sementara atau bahkan sementaun tapi untuk masalah
kualiatas ya harap maklum karena barang reparasi / rekondisi jadi jangan
terlalu ngarep bingit.
Apakah pakai cara ini berhasil 100 % ? jujur ngga semua
berhasil tergantung kerusakan dari accu tersebut tapi setidaknya lu sudah berjuang
walau tak terlihat dimata he…. Berapa lama accu rekondisi ini bertahan ? accu kering
baru biasanya akan bertahan 1 tahun lebih dengan catatan system pengisian normal
jaya ngga ada yang over charging dari kiprok atau low charging karena kerusakan
kiprok dan spul pengisian. Maka untuk accu rekondisi tersebut paling tidak akan
bertahan kurang lebih sampai 1 tahun dengan system pengisian yang normal.
Ini artikel terkait,
Apakah akan berpengaruh ke sepeda motor injeksi ? selama
accu dalam posisi tegangan stand by kurang lebih 12,50 volt dan bisa starter
elektrik maka ngga ada masalah. Masalah yang sering terjadi biasanya korosi pada
dudukan accu yang disebabkan karena air accu yang rembes / keluar dari accu,
seperti problem accu basah. Untuk mempersingkat waktu langsung saja bro sikat….
Cara Memperbaiki Accu Kering Yang Ngedrop
Peralatan dan Bahan
Sarung tangan plastic dan kacamata
Sebab safety itu penting dan kualitas itu harus, air
accu zuur jika terkena tangan akan terasa gatal dan perih usahakan jangan
digaruk – garuk tapi langsung cuci tangan dengan sabun.
Air Accu Zuur
Air accu ini biasanya digunakan untuk pengisian accu /
battery tipe basah saat pertama kali pengisian, tutup botol atau botol
tersendiri biasanya berwarna merah. Jangan sampai salah beli karena disaran ada
jenis air accu, yaitu air accu zuur berwarna merah dan air accu biasa berwarna
biru. Untuk lebih jelasnya ini gambarnya bro, lu liat aja sendiri mana bedanya
Obeng min (-) kecil / stelan angin
Dipakai untuk mencungkil atau membuka tutup accu kering
contoh model A.
Soldier
Digunakan jika tutup accu sangat rapat contoh model B,
intinya sebagai pengganti obeng min (-) karena pabrikan mempunyai dua jenis
tutup accu / aki untuk lebih jelasnya lihat gambar paling atas.
Lem campur / lem plastic
Bisa juga memakai sealent untuk merekatkan kembali,
penutup accu setelah diperbaiki agar tidak ada rembesan / kebocoran yang berasal
dari penutup accu tersebut. Sehingga tidak menimbulkan korosi pada bagian yang
terkena rembesan air zuur.
Majun atau kain lap
Untuk membersihkan air zuur, jika air zuur tumpah karena
pengisian yang terlalu kebanyakan.
Charger accu / aki
Jika mempunyainya, tapi kalau ngga punya bisa memakai
alternative lain yaitu memakai sepeda motor untuk lebih jelasnya baca sampai
kelar ya bro…
Langkah – Langkahnya Memperbaiki Aki Soak
Bersihkan dahulu seluruh body accu dan buka tutup accu
dengan memakai obeng min (-) dengan cara mencongkelnya pastikan tidak ada body
accu yang bolong / rusak karena proses congkel tersebut, jika posisi tutup accu sangat rapat pakai soldier liahat gambar paling atas accu A.
Setelah tutup accu terbuka maka akan terlihat karet
penutup yang berjumlah 6 dan buka karet tersebut masukan air accu zuur secara
perlahan.
Kemudian pasang kembali karet penutup tadi yang
berjumlah 6 dan pastikan tidak ada air zuur yang tumpah / bocor di sekitar body
accu, jika ada bersihkan dengan majun / kain lap.
Langkah selanjutnya pasang kembali tutup accu dan jangan
lupa lumasi dengan lem campur / lem plastic atau sealent agar accu benar -
benar rapat, karena kebocoran pada accu akan menyebabkan korosi pada komponen
disekitar accu terutama sasis / kerangka.
Apakah proses proses memperbaiki accu sudah selesai ?
dan ternyata belum bro, tahap selanjutnya adalah pengecasan accu. Jika ngga
punya charger accu maka beli saja ke gua, he…. Ini gambarnya
Produk made by BRT dan kebetulan gua di kasih ijin untuk
jualan produk – produk tersebut, ngomongin harga dilapak ini dijual sesuai
harga pasaran bro.
Harga charger accu motor Rp 670.000,
Harga charger accu mobil
Rp 850.000,
Harga charger accu jumbo
Rp 1.120.000,
Belum termasuk ongkir ya bro…..
Tapi kalau ngga mau beli charger accu / aki bisa
memanfaatkan tukang aki atau memakai sepeda motor sebagai media pengecasan accu
rekondisi tersebut. Caranya pasang accu pada sepeda motor, kemudian hidupkan
motor dengan memakai kick starter (diengkol) jangan pakai starter elektrik agar
accu tidak langsung bekerja keras karena pada dasarnya accu belum mempunyai
tegangan listrik yang memadai atau masih soak / ngedrop.
Setelah motor hidup tarik grip gas sampai rpm diatas
5.000 selama minimal 30 menit, kenapa diatas 5.000 rpm ? sebab arus pengisian
pada sepeda motor terbaik pada rpm tersebut. Kalau sepeda motor tidak mempunyai
takometer maka pakai filing meter (kira – kira) saat sepeda motor berjalan pada
kecepatan 60 km/jam. Bagaimana kalau dibiarkan pada posisi langsam / stasioner
? maka arus pengisian tidak akan maksimal, pakai rpm 5.000 saja minimal 30
menit apalagi dibiarkan pada posisi langsam / stasioner yang hanya 1.300 rpm.
Jika memakai charger accu, maka lakukan pengecasan
secara maksimal sampai full, berapa lama ? bervariasi tergantung dari kerusakan
accu tersebut antara 1 sampai 2 jam dan
ada yang rusak ngga bisa dibenerin.
Cara Mengecas Accu
Ukur dahulu tegangan awal sebelum di cas dengan
avometer.
Kemudian pasang kebel charger accu / aki yaitu kabel
merah charger jepitkan ke terminal positif (+) accu dan kebel hitam charger
jepitkan ke terminal negative (-) accu, jangan sampai terbalik jika terbalik
maka charger tidak akan bekerja.
Setelah itu nyalakan charger accu dengan cara menekan
tombol on dan tak lupa masukan colokan charger ke terminal listrik.
Tunggu sampai charger menyala maka charger accu pintar
ini akan menunjukan tampilan performa dari accu diantaranya :
Tampilan Indikasi Tindakan
Diag Proses
diagnosa kondisi accu
nobat jepit
terminal accu copot / kebalik periksa terminal accu
12.55 besarnya
tegangan accu yang diukur
99.66 menunjukan
performa accu / kapasitas pengisian
C-03 performa
accu < 80 % beberapa sel rusak ganti
/ cas ulang
C-02 performa
accu < 12,5 % beberapa sel rusak ganti
/ cas ulang 10 jam
C-01 performa
accu < 12,5 % beberapa sel rusak ganti
/ cas ulang 30 menit
Bad accu
sangat jelek tdk bisa menyimpan arus harus
ganti accu
Selain tampilan diatas ada beberapa tampilan lain
diantaranya :
30 M : 30 menit pengecasan
1 H : 1 jam pengecasan
POL : jepit terminal terbalik pemasangan
2 H : 2 jam pengecasan
BOOSTER : pengecasan cepat
INTELLEGENT : pengecasan cerdas / automatic
Kapasitas > 95 % : bagus (good)
99 % : penuh (full)
Untuk lebih jelasnya liat aja videonya check it dot….
Komentar
Posting Komentar