Selamat datang para bro semua kali ini yang mau dibahas
masalah ganti komstir, sebelumnya gua kasih saran dulu jangan nekat ganti
komstir sendiri. Karena berat lu ngga kuat biar dilan saja he….. lebay dikit ya
bro, sebenarnya memang iya. Ganti komstir memang berat untuk sepeda motor cup
(bebek) dan matik harus bongkar hampir seluruh cover depan, malahan ada yang
semua cover depan harus dibongkar. Setelah itu copot caliper rem, kabel km,
copot soketan kabel, roda depan, segitiga dan shock depan, jadi pikirkan dulu
mateng – mateng kalau mau ganti komstir sendiri.
Apakah serumit itu? Ya masih ada lagi mengenai hasil
pekerjaannya jadi memang benar – benar berat bro. Tapi kalau masih penasaran
dan nekat mau ganti komstir sendiri, tenang saja gua bantu doa semoga lancar
dan gua bisikin caranya. Tapi sebelumnya baca juga link terkaitnya
Cara Ganti Komstir Sepeda Motor Honda Vario
Cara ini sebenarnya bisa diterapkan pada seluruh sepeda
motor honda untuk tipe bebek dan metik, cuman ada beberapa perpedaan pada baud
dan cover tapi tujuannya sama, baud cover dan komstir juga sama. Demikian juga
kode part komstir juga sama dengan kode GN5 tapi untuk sport mempunya kode part
dan cara yang berbeda, next kalau inget, sempet dan dikasih kesempatan sama
yang punya kehidupan akan gua bikinin artikelnya. Dari pada tambah panjang
lebar, langsung saja kita bongkar dan pasang.
Peralatan dan Bahan
Siapkan dulu peralatannya dari obeng plus, obeng min,
palu, kunci T10, kunci pas 30 – 32, Kunci L bintang, stelan angin (obeng min
kecil), obeng min besar (sebagai pahat) dan dongkrak (atau apalah ember pun
bisa).
Bahan Komstir saran gua beli original, maksudnya bukan
cuma dilihat dari bungkusnya doang karena spare part aspal (asli tapi palsu)
sudah ukup banyak dipasaran. Efeknya kemana ? saat proses pemasangan, biasanya
spare part aspal tidak presisi. Grease (gemuk) pakai yang terbaik atau pakai
greas cvt, kenapa greas cvt ? sebab greas cvt harganya mahal. Seuprit (sedikit)
10.000 otomatis kualitas lebih baik dari greas yang 20.000 semangkok he…..
Langkah langkahnya
Posisikan sepeda motor pada posisi standar tengah
kemudian lepas semua cover depan dan cover leher yang menghalangi baud
penghubung antara stang kemudi dengan segitiga.
Siapkan dongkrak terlebih dahulu agar posisi motor
seimbang tidak jatuh.
Lepas caliper rem / kepala babi, selang minyak rem dari
segitiga dan buttom, kemudian roda depan dan kabel km jika ada untuk lebih
jelasnya ini gambarnya.
Lepaskan baud pengikat stang kemudi dengan segitiga,
kemudian tarik stang kemudi keatas agar copot dari segitiga dan pastikan tidak
ada kabel – kabel yang menyebabkan stang susah ditarik keatas. Nb : (jika berat
biasanya terdapat karat sehingga stang dan segitiga susah ditarik solusinya
cukup semprotkan cairan penetran dan sejenisnya).
Setelah terlepas copot mur 32 (lock nut) dengan kunci
inggris atau kunci pas 30 – 32 dan stelan komstir (top thread) dengan cara
dipahat pakai obeng min besar dan palu. Kenapa bukan pakai kunci stelan komstir
? sebenarnya terserah lu mau pakai mana, tapi kunci stelan komstir susah untuk
nyarinya dan agak ribet memakainya. Maka pakai cara umum dengan kunci seadanya
dan dalam tempo sesingkat - singkatnya he….
Ini gambarnya
Selanjutnya saat memutar stelan komstir (top thread) sebaiknya
lakukan secara perlahan – lahan dan tahan segitiga dengan tangan agar tidak
jatuh secara mendadak.
Kemudian copot komstir yang terdiri dari 2 mangkokan
atas dan 2 mangkokan bawah beserta pelor / peluru baja / bearing. Dengan cara
getok dari atas jika sasaranya mangkokan bawah sebaliknya jika mangkokan atas
getok dari bawah. Cara mencopotnya bisa memakai kunci T ataupun pipa dengan
cara dipul pakai palu, dan jangan sampai mangkokan bekas pecah karena saat
pemasangan akan dipakai lagi sebagai bantalan.
Untuk mangkok komstir paling bawah yang terdapat pada
segitiga cara mencopotnya cukup dipahat dengan cara di balik dan tidak bisa
dilakukan sendiri harus berdua, tapi kalau lu bisa sendiri ya ngga apa – apa.
Tahap selanjutnya bersihkan seluruh dudukan mangkok dari
yang terdapat di sasis dan segitiga, dan bersihkan ulir stelan komstir yang
terdapat pada segitiga agar saat pemasangan nanti tidak seret.
Pastikan juga mur 32 (lock nut), stelan komstir (top thread)
dan ring stopper (washer) dalam kondisi baik jangan sampai ada yang rusak
sehingga hasil kerja menjadi tidak maksimal. Yang sering kali rusak adalah
stelan komstir (top thread) karena salah sasaran saat menyetel komstir dengan cara
dipahat dan patahnya tonjolan ring stopper / washer.
Proses pemasangan mangkokan dengan memanfaatkan
mangkokan bekas sebagai bantalan caranya liat saja videonya dibawah ini.
Penyususunan pelor / peluru baja / bearing harus dengan
jumah yang pas tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih, karena kurang atau
lebih satu pelor saja akan sangat terasa efeknya. Tidak lupa juga lumasi
mangkokan dan pelor dengan greas yang terbaik jangan asal comot karena
mempengaruhi hasil kerja.
Selanjutnya pasang segitiga ke sasis / kerangka, untuk
mempermudah lakukan dengan dua orang atau lebih sukur satu RT he…..
Kemudian pasang stelan komstir (top thread), washer, dan
mur 32 (lock nut) sesuai urutan, dan lakukan penyetelan yang pas pada komstir. Untuk
lebih jelasnya check it dot videonya dan jangan lupa subscribe ya bro…
Ok bro sekian dulu, kalau yang mau nekat bongkar sendiri
ya monggo yang akhirnya pilih ke bengkel juga monggo, karena gua akuin ini
berat bro kata dilan he…. Akhir kata safety first & keep riding no arogan
salam satu aspal….
Jelas gamblang mudah di cerna thanks info nya...
BalasHapus