Selamat datang semua para bro, entah yang biasa atau baru
nongkrong di blog yang paling keren versi cewe gua, he….. dari pada kebanyakan
omong mending langsung saja ke inti dari postingan kali ini. Kali ini gua mau
ngomongin tentang shock depan speda motor, yaitu kapan ganti oli shock depan ?
kapan ganti seal shock depan, as shock dan pegas shock ? yang terpenting jangan
tanya kapan M**** ? nah itu kalimat tanya yang biasa di jawab may be moga dia ngga
baca wk… wk..
Ok langsung aja bro check it dot….
Ganti Shock Depan
Kapan Waktu Ganti Oli Shock Depan
Jawabannya tergantung kondisi, lho kok tergantung. Iya
bro, tergantung dompet ada isinya apa ngga he…. Hampir setiap pabrikan
menyarankan melakukan penggantian oli shok per 24.000 atau dua tahun pemakaian,
tapi kebanyakan para biker melakukan penggantian oli shock disaat sil shock
depan bocor. Padahal tak perlu menunggu sil shok bocor baru menguras atau
menggantian oli shok depan, karena setelah pamakaian yang cukup lama kinerja
oli shock akan berkurang hal ini bisa dilihat secara visual dengan berubahnya
warna dan bau dari oli shock. Saat masih baru oli shock akan berwarna merah
tapi setelah pemakian yang lama oli shok akan berwarna keabu – abuan. Dampaknya
jika tidak melakukan kuras oli shock bagian suspense depan / shock depan sudah
tidak terlalu membal sehingga saat melewati jalan berlubang atau polisi tidur
akan terasa kurang nyaman.
Berapa ukuran oli shock depan sepeda motor ? ini pernah
di omongin jadi gua bagi linknya saja ya bro, chek it dot….
Kapan Ganti Seal Shock Depan
Pasti para bro sudah tahu jawabannya, kalau seal shok
depan bocor atau rembes oli shock. Semisal bocornya satu apa perlu ganti samua
? lebih baik iya ganti semua agar sekali libas beres semua, dan takaran oli
shock depan jadi seimbang. Tapi kalau mau hemat ganti shock yang bocor saja dan
sisi yang lain cukup kuras oli shock. Setiap sepeda motor mempunyai diameter
seal shock yang berbeda tapi ada sebagian yang sama untuk lebih jelasnya ini
linknya bro…
Kapan Ganti As Shock Depan
As shock atau pipa shock sering kali mengalami kerusakan
karena bengkok (bekas tabrakan atau jatuh) bisa juga karena adanya lecet /
mbaret pada bagian pipa tersebut. Sedangkan mbaret / lecet pada pipa shock
diakibatkan karena seal shock yang bocor terlalu lama dan tidak segera
diperbaiki akhirnya merembet ke part yang lain dalam hal ini as shock.
Kapan Ganti Pegas Shock atau Peer Shock
Nah ini yang biasanya dia yang di substitusi alias
kanibal atau akal – akalan bisa juga main ganjel – ganjelan, that’s ok lah
kalau lu nyaman. Tapi itu terlalu ekstream, ngeri – ngeri ngejelimet he….. padahal
pegas shock jarang sekali mengalami kerusakan secara ekstream. Tapi yang patah
jadi kayak arang kayu juga pernah gua temuin, tapi yang memakai emak - emak, ya
maklum lah bro jika feelingnya kurang dapet saat memakai tunggangannya.
Penyebab pegas shock rusak karena modifikasi main potong
peer dan oli shok yang bocor dalam jangka waktu lama tanpa melakuakan
penggantian part terkait. Hasilnya pegas shock yang harusnya bekerja secara
team dengan oli shock akan mengalami beban kerja yang lebih berat. Disamping
itu kegunaan oli shock juga untuk mendinginkan part dalam shock depan,
akibatnya peer shock akan rapuh dan patah.
Cara Ganti Seal Shock Sepeda Honda Vario, Beat, Scoopy Dll :
Pastikan dulu motornya ada he…. Kemudian siapkan alat –
alatnya yaitu : dongkrak, obeng min kecil, kunci ring 14 dan ring 19, kunci
T14, kunci T10, L (6 /T10) bintang untuk membuka kaliper rem / kepala babi, L 6
biasa dan Obeng plus besar.
Kendorkan baud as roda depan dengan kunci ring 14 dan
ring 14, kendorkan baud shock yang mengikat / menempel ke segitiga / capit
udang alias poros kemudi dengan kunci ring 14 atau T 14 jika spakbor depan
tidak menutupi baud tersebut.
Setelah itu pasang dongkrak untuk menyangga motor,
dongkrak disini kondisional ya bro, maksudnya kalau ada dan punya, semisal ngga
punya bisa pakai ember, et….. dah atau apalah – apalah he…..
Kemudian copot roda depan, untuk jenis matik honda ngga
perlu copot spakbor depan, tapi untuk tipe bebek harus copot spakbor depan.
Kendorkan dan copot baud pengikat yang terdapat pada
poros kemudi / segitiga, untuk lebih jelasnya ini gambarnya
Tinggal Tarik shock depan yang akan diperbaiki tersebut,
kendorkan baud L6 yang posisinya berada dibawah buttom shock / tabung shock.
Buka klip pengunci tabung as shock depan dengan cara
mendorong tutup as shock dan kemudian congkel keluar klip pengunci tersebut.
Setelah itu buka buad L6 yang tadi dikendorkan dengan
cara membalik posisi shock dimana pegas shock berada dibawah bertujuan untuk
menekan sulingan agar sewaktu memutar baud L6 bisa terlepas. Karena
penjelasanya agak sulit jadi nanti liat video saja he…
Setelah terlepas, pisahkan antara pegas, tabung kemudian
as shock untuk lebih jelasnya lhat gambar paling atas.
Kemudian lepaskan seal debu dengan cara memahatnya
dengan oben min, dan congkel klip pengunci yang berada tepat dibawah seal debu.
Terus copot seal shock utama dengan ujung gagang Kunci T
(bisa memakai T10 atau T14) dan bersihkan seluruh part dari shock depan
tersebut dengan bensin.
Pemasangan :
Olesi sedikit saja seal shock utama dan buttom dengan
oli shock agar mengurangi gesekan dan memudahkan dalam pemasangan seal shock.
Setelah itu pasang seal shock ke buttom dengan cara
memukulnya dengan palu yang dialasi dengan seal shock bekas, agar seal shock
utama tidak rusak.
Kemudian pasang klip pengunci dan sil debu, dan rakit
pipa shock, pegas shock, dan sulingan dengan benar. Lakukan pengecekan pada
pipa / as shock jika terdapat luka atau mbaret mendingan langsung ganti baru,
jika dipaksakan untuk dipasang hal ini akan sia – sai. Karena shock depan akan
bocor atau rembes kembali, karena kinerja as shock yang tidak maksimal.
Setelah terpasang semua kencangkan baud L6 dibagian
bawah buttom / tabung shock.
Masukan oli shock depan dengan ukuran yang sesuai
anjuran pabrikan.
Selanjutnya pasang tutup as shock dan kunci dengan klip,
jangan lupa coba kinerja dari shock depan tersebut dengan cara memantulkan /
menekannya ke lantai.
Langkah terakhir pasang shok depan ke poros kemudi atau
segitiga.
Untuk lebih jelasnya ini videonya jangn lupa subsribe ya
bro…
Cara Ganti Seal Shock Honda Tiger, GL Pro, CB :
Sebenarnya untuk tipe motor sport ada dua acara yaitu
dengan mencopot seluruh shock depan atau hanya mencopot tabungnya saja.
Untuk mencopot keseluruhan shock depan beda tipis
caranya dengan tipe matik atau bebek diatas, sementara untuk mencopot buttomnya
saja yang akan gua bisikin sedikit he….
Pertama posisikan motor pada standar tengah, jika ngga ada
standar tengah bisa cuman penjelesannya panjang lebar dan ini sudah lumayan
banyak kicauan gua he….
Lepas roda depan sebelumnya siapkan dongkrak dulu agar sepeda
motor tidak roboh.
Kemudian lepas baud L6 yang ada dibagian bawah buttom
(tabung shock) dan lepaskan baud yang biasanya mengikat antara buttom dengan
spakboard depan.
Setelah seluruh baud terlepas tarik buttom kebawah dan
siapkan nampan untuk wadah oli shock depan agar tidak bercecaran.
Kemudian lepaskan seal debu dengan cara memahatnya
dengan oben min, dan congkel klip pengunci yang berada tepat dibawah seal debu.
Terus copot seal shock utama dengan ujung gagang Kunci T
(bisa memakai T10 atau T14) dan bersihkan seluruh part dari shock depan
tersebut dengan bensin.
Pemasangan :
Olesi sedikit saja seal shock utama dan buttom dengan
oli shock agar mengurangi gesekan dan memudahkan dalam pemasangan seal shock.
Setelah itu pasang seal shock ke buttom dengan cara
memukulnya dengan palu yang dialasi dengan seal shock bekas, agar seal shock
utama tidak rusak.
Kemudian pasang klip pengunci dan sil debu, dan pasang
kembali buttom tersebut ke shock depan jangan lupa kencangkan baud L6 tersebut.
Lakukan pengecekan pada pipa / as shock jika terdapat luka atau mbaret mendingan
langsung ganti baru, jika dipaksakan untuk dipasang hal ini akan sia – sai. Karena
shock depan akan bocor atau rembes kembali, karena kinerja as shock yang tidak
maksimal.
Cara pengisian oli shock depan dengan membuka baud tutup
as shock dengan kunci T17 atau ring 17, dan isikan sesuai takaran yang
dianjurkan oleh pabrikan. Biar lebih jelas ini videonya tapi sekali lagi jangan
lupa subscribe ya bro he….
Ok bro sekian dulu, sebab mata sudah mulai sepet, ojo
lali (jangan lupa) safety first & keep riding no arogan salam satu aspal
Menambah wawasan bagi pemula yang baru belajar mesin montor
BalasHapus