Apa kabar para bro sekalian, buat kali ini mau ngomongin
tentang lampu rem yang yala terus atau malah ngga nyala sama sekali. Ya…. Walau
terlihat sepele tapi unsur safety nya sangat besar, soalnya sebagai tanda buat
kedaraan di belakang kita, bahwa kita melakukan pengereman. Nah kan cukup fatal
akibatnya kalau disepelekan, bisa –
bisa langsung disruduk dari belakang
karena tidak tahu kita melakukan pengereman. Untuk itu postingan ini wajib lu
baca sampai kelar dan kasih tahu temen
nongkrong lu tentang situs khusus pecinta roda dua yang paling keren
menurut gua, ha… ha…. langsung aja ya bro, ngga usah pakai basa – basi lagi,
check it dot…. Wk… wk…
Penyebab lampu rem manjer atau menyala terus :
Swith Rem
Swith alias saklar rem yang rusak sering kali menjadi
penyebab utamanya, sehingga lampu rem manjer.
Untuk swith rem dibagi menjadi tiga jenis yaitu ; swith rem
tangan untuk jenis cakram, swith rem tangan jenis teromol, dan swith rem kaki
(karena di injak).
- Swith Rem Tangan Cakram
Swith rem ini terletak di bagian bawah master rem, cara
kerjanya jika hendle rem di Tarik maka bagian ujung hendel akan menekan swith dengan
bunyi klik seperti menekan mouse computer dan lampu rem akan meyala.
- Swith Rem Tangan Teromol
Pada prinsipnya untuk posisi dan fungsinya hampir sama
dengan swith rem cakram, cuman perbedaannya terletak pada bentuk dan cara kerjanya.
Jika swith cakram lampu rem hidup kalau swith rem tertekan oleh hendl rem,
sementara swith rem teromol akan tertekan saat hendel rem posisi belum ditarik,
tapi saat hendel rem di Tarik swith rem aka nada pada posisi bebas dan lampu
rem akan menyala.
- Swith Rem Kaki
Untuk model ini bisa dipakai untuk jenis rem cakram dan
teromol, selain itu banyak di terapkan pada motor bebek (cup) dan sport (batangan). Cara kerjanya dengan
menginjak rem kaki (belakang), swith ini akan tertarik oleh peer (pegas) yang
di kaitkan ke rem kaki.
Itu semua jenisnya, untuk pengecekannya swith tersebut rusak
atau tidak cukup menjumper / langsung menyambung kabel yang menuju swith rem
tersebut, khusus untuk model swith rem kaki bisa dilakukan penyetelan dengan
memutar swith tersebut sampai menemukan jarak main bebas yang pas.
Sil Master Mulai Aus
Untuk part ini pernah gua posting dengan penjelasan yang
sangat tajam, setajam silet yang baru beli he….. he… dibawah ntar gua kasih
linknya, check it dot pokoke.
http://www.sejeworks.id/2017/09/5-penyebab-rem-blong-sepeda-motor.html
http://www.sejeworks.id/2017/09/5-penyebab-rem-blong-sepeda-motor.html
Jika sil master mulai aus atau rusak maka selain rem cakram
yang kinerjanya kurang maksimal akan di tambah dengan lampu rem yang manjer
atau menyala terus.
Hendel Rem
Nah ini yang paling ringan, tapi menggemaskan maksudnya
apaan bro ? jadi gini karena saking banyaknya produk after market atau lebih
kerennya part variasi, banyak para biker yang mengaplikasikannya pada tunggangannya
tersebut tanpa memperhatikan swith rem bekerja dengan normal atau ngga.
Selain itu untuk hendel rem original bawaan motor, kalau
sudah berumur atau lama akan mulai tergerus pada bagian yang langsung
bergesekan dengan sil master rem sehingga lampu rem akan menyala manjer.
Kalau sudah ngomongin sebab ngga komplit dengan akibatnya,
rasanya kaya abis makan ngga ngerokok, pokoknya hampa…. Yaelah curhat dikit
wk.. wk…
Akibat dari lampu rem yang manjer atau nyala terus :
- Bikin bingung pengendara di belakangnya, so pastilah..
- Accu cepat tekor, karena lampu rem menyala lebih terang dari pada lampu senja otomatis watt yang dibutuhkan juga lebih besar, sehingga accu harus bekerja keras mensuplai arus yang banyak.
- Lampu rem cepat putus dan piting lampu cepat terbakar.
Ini bro videonya, jangan lupa subscribe dulu sebelum menontonnya..
Ok bro sekian dulu ya barangkali bermanfaat buat bro – bro semua,
jangan lupa safety first and keep riding no arogan salam satu aspal…