Lifter Assy Tensioner
Selamat pagi bro semua, kembali lagi ke blog gua yang masih
acak – acakan tapi lumayan berguna buat pelampiasan nulis ha…. ha…. Tapi buka
sebar berita hoak ya…. Karena sekarang lagi menjamur berita – berita hoak,
langsung aja ke pokok bahasan kali ini, Lifter assy tensioner / dikenal
penonjok keteng / apa aja yang terpenting maksudnya gambar di bawah ini, karena
setiap daerah beda – beda pengucapannya , tapi Bahasa tekniknya ya lifter /
tensioner.
Fungsi utama dari
liter untuk mengatur kekencangan cam chain / keteng / rantai keteng ( bhs
ambigunya ), agar gerakan kruk as (crankshaft) sejajar dengan noken as (cam
shaft) sesuia waktu pengapian, bagaimana bingungkan ya sama karena pakai Bahasa
planet gua… he…
Jadi secara simpelnya kita ambil contoh gear set sepeada
motor , kalau rantai motor tidak pernah di setel lama – kelamaan akan kondor
dan akhirnya rantai loncat dari posisi gear sehingga harus di setel. Beda
halnya dengan rantai mesin / keteng / cam chain yang harus di tekan oleh
tensioner lifter agar piston dan klep tidak saling berbenturan sehingga piston
pecah atau klepnya yang bengkok. Cara kerja lifter menekan secara otomatis
dengan di bantu oleh oli mesin memang ada beberapa yang memodifikasi di system
kerjanya secara manual, nanti di bawah akan di kupas setajam silet baru beli…
Beberapa model lifter tensioner
Tensioner manual
Tensioner yang cara
penyetelannya dengan cara melonggarkan mur pengunci setelan dan setelah itu
baru baut penyetel di keraskan sampai kekencangan pas (bunyi berisik keteng
hilang) dan mur pengunci dikeraskan kembali, kebanyakan Jenis variasi atau
modifikasi dan diterapkan pada motor motor balap.
Tensioner Semi Otomatis
Untuk jenis ini cara penyetelannya
dengan melonggarkan baut penahan batang penegang dan per tensioner akan mendorong
sendiri batang penegang. Contoh motor hampir semua pabrikan mengeuarka model
ini.
Pemeriksaan cara kerja tensioner lifter semi otomatis :
- Tensioner lifter shaft tidak boleh masuk ke dalam body pada saatdi dorong.
- Pada saat diputar searah jarum jam dengan obeng tensioner lifter shaft harus tertarik kedalm body, dan saat setelan obeng di lepas shaft harus melompat keluar dari body.
Nah kadang ada
beberapa yang mensiasati kurasakan pada lifter jenis semiotomatis dengan menambahkan
baud pada ujung shaft atau mengubahnya menjadi model manual, hal ini tidak gua
sarankan kalau lu cinta banget sama motor lu, kenapa?. Karena untuk efek jangka
panjangnya akan menimbulkan keausan pada part lain yang langsung berhubungan
dengan Lifter / tensioner tersebut, antara lain keteng, lidah keteng dan noken
as. Tapi kalau motor lu ngga terlalu penting buat lu ya udah terapin aja, so
cukup menghemat karna ngga perlu ganti lifter yang harganya bikin lumayun kalau
yang originalnya.
Tensioner Otomatis
Pada jenis ini tidak perlu diakukan penyetelan karena per
akan terus mendorong batang penegang secara otomatis dengan bantua oli mesin contoh
motor mesin series milik honda , supra 100, grand. Kerusakan biasanya terjadi
pada roll penekan keteng , push rod / tensioner tersebut, dan tersiner
spring peer tensionernya dengan batas
servis 109 mm tidak boleh kurang dan tidak boleh diganti dengan peer sil master
depan karena hal ini sering kali terjadi.
Sekian dulu ya bro. Life’s limit so safety first, salam satu
aspal bro…
Ini ada videonya ganti keteng buat motor blade 110 / revo 110 ya walaupun rada gelap - gelapan chek it dot....
Ini ada videonya ganti keteng buat motor blade 110 / revo 110 ya walaupun rada gelap - gelapan chek it dot....