Klakson keong merupakan aksesoris yang banyak dipakai para biker, entah untuk motor kecil
atau motor gede, buat yang touring atau pun cuman nangkring eh…. Sorry
nongkrong. Soal suara, beh …. Tu angkot sama metromini pada langsung minggir,
ya… iyalah pada nurunin penumpang sama ngetem, pokoknya lu bakal di kra mobil
besar, tapi giliran liat sepion ternyata motor he…. He….
Ngomongin harga rata – rata dua kalilipat dari klakson ori
bawaan motor, karna hasil suaranya cetar membahana mirip syahroni, merk yang
umum di pakai diantaranya Hella, Denso. Nah untuk pemasangannya ini yang ga
bisa sembarangan alias langsung colok ke kabel klakson bawaan motor tapi harus
pakai relay DNPT, jika ngga pakai relay tersebut accu / aki akan cepet ngedrop
bertahan paling 2 minggu. Pemasangannya sebenarnya gampang yang terpenting
paham jalurnya.
- Klakson keong itu hal pasti mau yang dua biji atau satu biji.
- Rellay dnpt saran pakai yang 4 kaki tapi kalau nemunya yang 5 kaki ya ga apa apa.
- Kabel untuk jalur kakson keong panjang variasi tergantung motornya kurang lebih 2 meter.
Langkah-langkahnya :
- Perhatikan rupa pada kaki relay dengan seksama.
Pada setiap
kaki-kaki relay tersebut terdapat angka yang menunjukkan bagian yang akan
dihubungkan dengan kabel ada angka 30, 85, 86, 87
- Kaki relay dengan angka 30
Bisa Anda sambungkan dengan
sekring, lalu dari sekring, koneksikan lagi ke kutub positif pada aki motor
kabel warna merah. Usahakan memakai klem tembaga atau minimal ring supanya baud
aki tidak kendor.
- Kaki relay dengan angka 85 dan 86
Bisa Anda hubungkan dengan
sakelar klakson/soket yang menghubungkan ke klakson bawaan. Tak usah khawatir,
tidak masalah kok apabila Anda terbalik dalam memasang menghubungkan kaki-kaki
relay ini.
- Silakan tekan tombol klakson yang biasanya terletak di
bagian holder setang.
Amati suara yang dihasilkannya. Jika terdengar suara
hentakan kecil yang berasal dari relay, artinya pemasangan yang Anda lakukan
sudah benar. Sedangkan bila belum betul, Anda bisa mengecek kondisi pada bagian
aki, sekring, sambungan kabel, dan relay.
- Kaki relay dengan angka 87 dapat Anda koneksikan dengan
salah satu kaki klakson.
Sambungkan bagian positif pada relay ke kutub positif
pada klakson. Begitu pun dengan kaki klakson yang satunya lagi bisa dihubungkan
dengan rangka motor/massa. Jika terbalik menghubungkan kaki 87 ke kutup positif
klakson, klakson tersebut tidak akan berbunyi.- Periksa pengerjaan
Rapikan juga jalur kabel instalasi klakson supaya terlihat lebih sedap di pandang mata.
Ok bro sekian dula ya, semoga bermanfaat buat yang baca dan langsung di praktekin biar mantep, seperti biasa safety firts, salam satu aspal...