Selamat
pagi, siang, sore, malem… para mas bro dan mba bro untuk postingan kali
ini yang mau diomongin vbelt karena gua tadi nemuin kejadian lumayan
ekstrim dan udah dicekrek ya walaupun rada gelap karena posisi kurang
pencahayaan dan kameranya kurang mantep he… buka kartu sendiri. Sebenarnya di
postingan yang lain udah ada sedikit pembahasan tapi kali ini ada perbedaanya
kita kupas setajam silet baru beli he…
Itu
vbelt putus karena, kurang kepedulian pemakai terhadap kuda besinya, saran aja
ya bro… bukan menggurui dibaca sama diterapkan ya sukur, ngga di pakai ya kagak
kenapa – napa, soalnya gua juga kagak kenal siapa aja yang mampir dimari
he….
Kapan Ganti Vbelt Motor Matic
Langsung
aja ya bro, Vbelt berfungsi sebagai penyalur tenaga dari crankshaft, drive
pulley (pulley depan) ke driven pulley ( pulley belakang ) dan terbuat dari
bahan dasar karet, yang pasti bukan karet gelang untuk
lompat tali bocah – bocah he……
Untuk
mengecek kerusakannya harus buka blok cvt dan keadaan vbelt retak –retak.
Anjuran penggantian per 24.000 km diapalin bro kalau lebih dari km yang
dianjurkan gmana? Usahakan motor matik jangan lakukan perjalanan jauh takutnya
putus di jalan, kan tambah ribet urusannya.
Ciri – Ciri Vbelt Mulai Aus
Ini
lihat bro perbandingan antara vbelt motor matik yang baru dengan yang lama,
untuk vbelt lama yang minta ganti akan ada retakan dibagian dalam vbelt. Cara mengeceknya
harus bongkar blok cvt, dan tekuk sedikit vbelt.
Perhatikan
sisi atas karena biasanya vbel yang mulai aus sisi bagian atas atau lebar vbelt
akan mengecil, karena terkikis oleh gesekan dengan pulley depan dan belakang.
Selain
itu untuk vbelt yang aus dan sudah sangat parah jumlah mata vbelt akan terkikis
atau bahkan hilang.
Memilih Substitusi Vbelt Motor Matic
Setiap
sepeda motor yang dibuat oleh pabrikan pastik akan mempunyai karakter mesin
yang berbeda walaupun kadang ada part / komponen tertentu bisa dilakukan
substitusi contohnya vbelt, selain itu produk after market (variasi) juga
sekarang sudah sangat banyak dan bermacam – macam. Akibatnya para biker punya
banyak pilihan untuk melakukan substitusi vbelt, selain harga yang di tawarkan
juga berpengaruh ke porforma / tarikan dari sepeda motor matic.
Tapi
jangan salah pilih bro harus bijak dan mikir keras toh intinya lo juga yang
ngerasain bukan orang lain, jadi apa saja yang harus diperhatikan ya bro.... ok
pentengin saja sampai kelar bro....
Honda
Vario 110 Karbu
Jumlah
mata 103
Diameter
81,1 cm
Lebar
vbelt atas 19,10 mm
Lebar
vbelt bawah 14,74 mm
Tinggi
vibelt 9,20 mm
Jarak
sumbu antar pulley 25,6 mm
Nah
bro jadi vbelt bukan cuman karet saja ada sesuatu jika gali lebih dalam he...
Jumlah
mata pada vbelt menentukan daya cengkram vbelt ke pulley depan dan belakang,
sehingga daya putar vbelt lebih besar.
Panjang
vbelt juga akan berpengaruh ke performa sepeda motor, jika vbelt terlalu
kencang atau pendek maka dikhawatirkan vbelt akan cepat putus. Tapi jika vbelt
terlalu panjang maka rpm bawah susah dapat, karena vbelt terlalu kendor.
Lebar
Vbelt juga akan mempengaruhi putaran dari pulley belakang karena akan mendorong
drive pulley dan driven pulley, sebenarnya vbelt lebar biasanya dipakai pada
vbelt jenis racing atau kompetisi untuk mengimbangi tekanan dari peer kopling /
pegas kopling yang lebih berat. Tapi jika dipakai harian akan maka vbeltjenis
ini akan lebih kuat menghadpi tekanan dari pegas kopling standart pabrikan.
Berikut
kode vbelt matic honda
KVY
untuk Beat 110 karbu
KVB
untuk Vario 110 karbu
KZR
untuk Vario 125 FI lama
KZL
untuk Beat FI, Vario 110 FI, Scoopy 110 FI, Spacy 110 FI lama / starter kasar.
K44
untuk Beat ESP, Vario ESP, Scoopy Esp
K35
untuk Vario 125 LED
K36
untuk Vario 150 LED
Penggantian Vbelt
Pada
umumnya para biker saat melakukan penggantian vbelt hanya memikirkan vbelt dan
roller doang pada hal komponenyang ada didalam cvt lumayan banyak. Jadi saat
melakukan penggantian vbelt sebaiknya lakukan juga penggantian komponen dibawah
ini.
Roller
Vbelt
Grease
Cvt
Sil
driven face ( sil pulley belakang )
Piace
sliade
Ingat
bro penggantian rutin tiap 2 tahun atau 24.000 km, kalau mau lewa dikit saja
jangan lebih karena biasanya vbelt akan putus.
Ok
bro, sekian dulu dari gua untuk lebih jelasnya silahkan buka artikel terkait
dan janga upa share bro ke komunitas lo. Seperti biasa safety firts & keep
riding no arogan salam satu aspal... wor.. wor....
Trims
BalasHapusBoleh tau mas untuk panjang dan lebar belt k35 dan k36 nya?
BalasHapus