Shock depan motor

Selamat datang semuanya, para bro dan sis di lapak gua yang ala kadarnya ini, pertama – tama marilahkita panjatkan doa untuk diri kita masing – masing agar diberi keberkahan dan keberuntungan untuk menghadapi hidup ini…. Berdoa mulai….. selesai….

Gimana bro, bingungkan ??? ya sama gua juga bingung tapi jangan ketawa karena itu Doa, urusannya dengan yang kuasa. Ok gas dulu, dari pada kebanyakan omong mending langsung saja ke postingan, kali ini yaitu shock depan sepedamotor.

Shock depan dan lebih dikenal sebagai shockbreaker (fork front) adalah sebuah komponen atau part yang terdapat di sepeda motor sebagai peredam kejut untuk menopang beban kendaraan dan meredam getaran yang terjadi karena terjalnya permukaan jalan. Selain itu shockbreaker juga berfungsi menjaga keseimbangan ketika melakukan manuver kecepatan tinggi baik ataupun saat pengereman.

Maka dari itu shockbreaker harus diperhatikan agar aman dan nyaman saat berkendara, shock depan sudah ga enak dan kurang membal / empuk, biasanya bunyi cetok pada saat dilakukan rem depan. Segera periksa apakah ada rembesan di shok depan, kalo ada berarti sil shok depan bocor. Kalo di biarkan secara terus menerus as shock depan akan lecet atau mbaret dan jangka panjangnya pir / pegas shock yang ada di dalam shock depan ( fork ) akan patah karena tidak ada pelumasan oli shock. Kalo dah begitu otomatis harus ganti semua dari pipa, sil, pegas / pir, dan oli shoknya.


Biasanya kebocoran oli terjadi karena sil shock yang mulai aus / rusak, bisa dikarenakan karena usia pakai atau benturan / tabrakan yang mengakibatkan pipa shock bengkok atau buttom shock yang rusak / pecah.


Shock depan sepeda metor mempunyai tiga jenis :


Prolink contoh motor honda C70

Teleskopic hampir semua motor di pasaran menggunakan jenis shock depan ini, jepretanya bro…


shock depan




Upside Down biasanya diaplikasikan di motor kelas premium (mahal)

fork front



Bagian – Bagian Shock Depan Sepeda Motor :


Fork Slider atau Buttom

Adalah casing atau wadah dari oli shock dan sekaligus sebai penghubung dengan as roda. Part ini jarang sekali rusak, kecuali jika terjadi benturan yang sangat keras.

Dust Sil atau Sil Debu

Berguna untuk menjaga agar tidak ada benda asing yang masuk kedalam buttom dan juga sebagai pelindung sil oli shock. Dust sil atau sil debu biasanya dijual satu paket

Oil Seal atau Sil Shock

Berfungsi untuk menjaga oli shock keluar dari buttom / fork slider.

Ring Stopper

Berfungsi untuk menahan agar sil shock tidak bergerak keatas, akibat adanya gerakan dari pipa / as shock dan tekanan dari oli shock.

Fork Piston atau Piston Garpu

Membagi ruang oli shock antara bagian bawah piston dan bagian atas piston, sehingga terjadi perpindahan oli shock yang bertujuan untuk meredam gaya oksilasi dari fork spring (pir shock) dan rebound Spring (pir rebound).

Rebound Spring (pir rebound)

Meredam kejutan langsung dari roda.

Fork Spring (Pir Shock Depan)

Berfungsi untuk menahan piston garpu bergerak keatas dan meredam kejutan setelah gaya dari gerakan piston garpu tersebut.

Fork Spring As / Pipa Shock

Sebagai wadah fork spring dan oli yang berada diatas piston garpu.

Socket Bolt (baud) dan Sealing Washer (ring tembaga)

Sebagai pengunci Buttom dengan Oil Lock Piece dan mencegah kebocoran oli shock dari bawah.

Fork Cap (Pengunci Shock Depan)

Berfungsi agar oli shock tidak keluar dari atas pipa shock, pengunci shock bisa berupa ulir atau clip.


 




   Ukuran diameter shock depan sepeda motor :


Ukuran Diameter Sil Shock Motor Honda :


Jenis Motor                                Diameter Shock
Bebek dan matic                         26 ml
Tiger, Megapro, cbr 150              31 ml
Win 100, CB, GL100                    27 ml

Ukuran Diameter As Shock Motor Yamaha :


Jenis Motor                                Diameter Shock
Bebek dan matic                         26 ml
RX king, RX S,                            30 ml
Scorpio, Vixion                           33 ml
Byson                                        41 ml

Ukuran Diameter As Shock Depan Suzuki :


Jenis Motor                                Diameter Shock
Bebek dan matic                         26 ml
Satria FU                                   26 ml
Satria 2 tak, Tornado                  27 ml


Kesimpulan diatas mengenai diameter shock depan, dari merk diatas dapat dilakukan substitusi jika mengalami kesulitan spare part original bawaan motor.


Biar tambah mantep ini bro videonya, chek it dot…








Ok bro sekian dulu ya, jangan lupa safety first, quality must and salam satu aspal....