Selamat datang semuanya, para bro dan sis di lapak gua yang ala
kadarnya ini, pertama – tama marilahkita panjatkan doa untuk diri kita masing –
masing agar diberi keberkahan dan keberuntungan untuk menghadapi hidup ini….
Berdoa mulai….. selesai….
Gimana bro, bingungkan ??? ya sama gua juga bingung tapi jangan
ketawa karena itu Doa, urusannya dengan yang kuasa. Ok gas dulu, dari pada kebanyakan
omong mending langsung saja ke postingan, kali ini yaitu shock depan
sepedamotor.
Shock depan dan lebih dikenal sebagai shockbreaker (fork front)
adalah sebuah komponen atau part yang terdapat di sepeda motor sebagai peredam
kejut untuk menopang beban kendaraan dan meredam getaran yang terjadi karena
terjalnya permukaan jalan. Selain itu shockbreaker juga berfungsi menjaga
keseimbangan ketika melakukan manuver kecepatan tinggi baik ataupun saat
pengereman.
Maka dari itu shockbreaker harus diperhatikan agar aman dan nyaman
saat berkendara, shock depan sudah ga enak dan kurang membal / empuk, biasanya
bunyi cetok pada saat dilakukan rem depan. Segera periksa apakah ada rembesan
di shok depan, kalo ada berarti sil shok depan bocor. Kalo di biarkan secara
terus menerus as shock depan akan lecet atau mbaret dan jangka panjangnya pir /
pegas shock yang ada di dalam shock depan ( fork ) akan patah karena tidak ada
pelumasan oli shock. Kalo dah begitu otomatis harus ganti semua dari pipa, sil,
pegas / pir, dan oli shoknya.
Biasanya kebocoran oli terjadi karena sil shock yang mulai aus /
rusak, bisa dikarenakan karena usia pakai atau benturan / tabrakan yang
mengakibatkan pipa shock bengkok atau buttom shock yang rusak / pecah.
Shock depan sepeda metor mempunyai tiga jenis :
Prolink contoh motor honda C70
Teleskopic hampir semua motor di pasaran menggunakan jenis shock
depan ini, jepretanya bro…
Upside Down biasanya diaplikasikan di motor kelas premium (mahal)
Bagian – Bagian Shock Depan Sepeda Motor :
Fork Slider atau Buttom
Adalah casing atau wadah dari oli shock dan sekaligus sebai
penghubung dengan as roda. Part ini jarang sekali rusak, kecuali jika terjadi
benturan yang sangat keras.
Dust Sil atau Sil Debu
Berguna untuk menjaga agar tidak ada benda asing yang masuk
kedalam buttom dan juga sebagai pelindung sil oli shock. Dust sil atau sil debu
biasanya dijual satu paket
Oil Seal atau Sil Shock
Berfungsi untuk menjaga oli shock keluar dari buttom / fork slider.
Ring Stopper
Berfungsi untuk menahan agar sil shock tidak bergerak keatas,
akibat adanya gerakan dari pipa / as shock dan tekanan dari oli shock.
Fork Piston atau Piston Garpu
Membagi ruang oli shock antara bagian bawah piston dan bagian atas
piston, sehingga terjadi perpindahan oli shock yang bertujuan untuk meredam
gaya oksilasi dari fork spring (pir shock) dan rebound Spring (pir rebound).
Rebound Spring (pir rebound)
Meredam kejutan langsung dari roda.
Fork Spring (Pir Shock Depan)
Berfungsi untuk menahan piston garpu bergerak keatas dan meredam
kejutan setelah gaya dari gerakan piston garpu tersebut.
Fork Spring As / Pipa Shock
Sebagai wadah fork spring dan oli yang berada diatas piston garpu.
Socket Bolt (baud) dan Sealing Washer (ring tembaga)
Sebagai pengunci Buttom dengan Oil Lock Piece dan mencegah
kebocoran oli shock dari bawah.
Fork Cap (Pengunci Shock Depan)
Berfungsi agar oli shock tidak keluar dari atas pipa shock,
pengunci shock bisa berupa ulir atau clip.
Ukuran diameter shock depan sepeda motor :
Ukuran Diameter Sil Shock Motor Honda :
Jenis Motor Diameter Shock
Bebek dan matic 26
ml
Tiger, Megapro, cbr 150 31
ml
Win 100, CB, GL100 27 ml
Ukuran Diameter As Shock Motor Yamaha :
Jenis Motor Diameter Shock
Bebek dan matic 26 ml
RX king, RX S, 30 ml
Scorpio, Vixion 33 ml
Byson 41 ml
Ukuran Diameter As Shock Depan Suzuki :
Jenis Motor Diameter Shock
Bebek dan matic 26 ml
Satria FU 26 ml
Satria 2 tak, Tornado 27 ml
Kesimpulan diatas
mengenai diameter shock depan, dari merk diatas dapat dilakukan substitusi jika
mengalami kesulitan spare part original bawaan motor.
Biar tambah mantep ini
bro videonya, chek it dot…
Ok bro sekian dulu ya,
jangan lupa safety first, quality must and salam satu aspal....