Buat para biker yang hoby subtitusi perangkat penggerak roda belakang dari tunggannya harus tahu, rantai atau gear yang di beli atau dipasang jangan sampai asal comot di toko. Berikut gua kasih sedikit gambaran ya walaupun ngga ada gambarnya karena isinya cuman tulisan dan video keren dari gua he... he.... langsung aja bro sikat, pakai sikat baju biar bersih....
Contoh, 428 - 104
/ selongsong yang menyambung antar plat. Berarti 4/8, kalo di hitung 1 inchi sama dengan 25,4. Jadi 4/8 X 25.4 hasilnya 12.5. untuk rantai dengan kode depan 4 berarti jarak antar pinnya 12.5 mm.
Inner plat mempunyai arti jarat antar plat dalam kedua plat ini bisa kelihatan langsung pakai mata, angka 28 berarti jarak lebar plat 7.94 mm.
Panjang rantai berarti jumlah mata rantai tempat masuknya gigi - gigi gir belakang dan depan.
Tipe Dan Kekuatan Tarik Rantai
- Tipe 415 dengan kekuatan tarik 1600
- Tipe 420 dengan kekuatan tarik 1600
- Tipe 428 dengan kekuatan tarik 1750
- Tipe 428H dengan kekutan tarik 2100
- Tipe 520 dengan kekuatan tarik 2700
Cara Membaca Kode Rantai :
- Angka 4 menunjukan jarak antar pin
/ selongsong yang menyambung antar plat. Berarti 4/8, kalo di hitung 1 inchi sama dengan 25,4. Jadi 4/8 X 25.4 hasilnya 12.5. untuk rantai dengan kode depan 4 berarti jarak antar pinnya 12.5 mm.
- Angka kedua dan ketiga Inner Plate
Inner plat mempunyai arti jarat antar plat dalam kedua plat ini bisa kelihatan langsung pakai mata, angka 28 berarti jarak lebar plat 7.94 mm.
- Angka 104 berati panjang rantai ( tidak ada satuan)
Panjang rantai berarti jumlah mata rantai tempat masuknya gigi - gigi gir belakang dan depan.
Selain angka ada huruf di belakang tiga angka pertama contoh, 420SB-102, 428H-116, dan 520V - 106.
- Huruf SB ( solid bushing )
Bushing ( as ) posisi bushing jadi tempat masuknya pin, solid bushing berarti bushing yang di bikin seperti pipa,
- Huruf H ( hight tension )
yang perbedaannya di palt bagian dalam. Kode di cantumkan di di plat atas. Ranta dengan kode Hlebih tebal dari rantai tanpa kode H.
- Huruf V ( spesial )
Tanda V ada sil penahan gemuk di dinding luar bushing.
Untuk kekuatan rantai indopart jadi yang terbaik, tapi perawatan rantai tetep jadi yang utama, lumasi dengan chain lube, atau oli mesin secara berkala jangan sampai berkarat. dan lakukan penyetelan rantai saat rantai mulai mulur / kendor. Untuk main bebas rantai 15 mm.
Ngga afdol rasanya kalo rantai dah di bahas sementara gearnya ngga,
Ratio gear roda:
Perbandingan Gear Ratio :
JML MATA GAER BELAKANG /JML MATA GEAR DEPAN
Ct; karisma standar 14 depan 35 belakang
35/14 = 2.5 ( 2,5 standart pabrik ),
jika banyak trek tanjakan bisa pakai 35/13 = 2,69
jika trek datar jalur kota 35/15 = 2,33