Motor terasa goyang dan keras buat belok, itu mengganggu
kenyamanan berkendara. Bukannnya kita focus kejalan raya malah mikirin
motor yang kita naikin, soalnya motor pinginnya belok terus padahal jalannya
lurus jangan sampai nungsub dah, ….
Atau malah stang terasa mau copot saat melakukan rem depan, hal
ini menandakan ada kerusakan dibagian komstir.
Ngemeng – ngemeng sudah pada tahu komstir belum nih ? yang tahu
jangan ngegas bro santai, yang belum tahu tenang gua bisikin pakai cinta wk…..
wk….
Komstir ialah komponen penghubung antara kerangka/chasis
dengan poros kemudi /segitiga yang terdiri dari beberapa
pelor/bearing dan 4 buah mangkok dudukan bearing. Fungsinya untuk merubah arah laju
motor, intinya supaya motor bisa belok dengan nyaman
Tanda-Tanda Komstir Rusak
Stang Mbanting
Setang terasa mbanting atau susah dikendalikan, stang inginnya
belok terus, ini adalah tanda awal komstir abnormal. Biasanya hal ini akan
sangat terasa saat posisi jalanan lurus kemudian sepeda motor terasa mau belok sendiri
entah kekanan ataupun kekiri.
Stang Terasa Berat
Nah… yang ini kebalikan dari penjelasan diatas, kadang stang
terasa kaku, susah untuk belok kanan atau kiri. Untuk sepeda motor harian
seharusnya stang kemudi terasa ringan untuk berbelok dan tidak mbanting /
goyang saat posisi jalan lurus.
Suara Cetok
Suara cetok – cetok terjadi saat sepeda motor melewati jalan
berlubang, tanggul / polisi tidur dan saat melukan rem depan secara mendadak.
suara ini terjadi karena posisi komstir yang terlalu kendor, sehingga posisi
mangkok komstir kurang presisi.
Stang Oblak
Sebelumnya lakukan pengecekan dulu dari, tekanan roda depan
belakang, kondisi bearing deban belakang, boshl ink hanger ( engine mounting),
bosh bawah shok belakang ( matic ), baru komstirnya, abnormal apa ngga.
Apakah komstir bisa distel ? jawabannya bisa dilakukan penyetelan
dengan cara mengencangkan atau mengendorkan stelan komstir.
Apakah akibat dari komstir rusak ? untuk ke komponen lain sacara
langsung tidak ada, cuman untuk kenyamanan terutama safety berkendara sangat
berpengaruh. Hal ini bisa menimbulkan konsentrasi yang pecah, berikut akibat
stelan komstir yang tidak pas.
Akibat Penyetelan Komstir :
Komstir terlalu kenceng
Mengakibatkan motor susah buat, belok tapi
enak buat trek lurus, biasanya setelan kaya gini dipakai buat motor
drag yang di pakai buakan buat harian.
Komstir terlalu longgar
Mengakibatkan mangkok komstir cepat rusak
karena terjadi benturan diantara mangkok komstir dengan pelor/bearing. , saat
melakukan rem depan, bagian depan akan bunyi …. CETOK
Stelan yang pas
Pas ya berarti, otomatis yang nyaman buat
nikung/belok, dan tidak ngebuang saat truk lurus dengan tangan lepas stang
kemudi. Nah indikasi rusak gmana, saat trek lurus motor terasa mau ngebuang,
dan rem depan bunyi …..CETOK!!!!
Segera lakukan penggantian, biasanya komstir
mula rusak saat km 24.000 / dua tahunan, tp itu bukan patokannya . Karena medan
yang terjal, jalan rusak, motor bekas jatuh /tabrakan juga factor utama.
Tapi sebelum mengindikasikan bahwa penyebab utama
dari sepeda motor yang goyang berasal dari komstir, maka lakukan pengecekan
terlebih dahulu pada 4 komponen berikut :
Kondisi Permukaan Ban
Lihat kondisi permukan ban ? apakah aus atau
habis sebelah, hal ini adalah cara yang paling mudah untuk melakukannya. Dan
periksa juga tekanan angina ban apakah sesuai dengan anjuran dari pabrikan
yaitu ban depan 29 psi dan ban belakang 33 psi, jika memakai jenis ban biasa
atau memakai ban dalam. Banyaknya tambalan ban dan ban dalam yang yang sering
kali dilapisi oleh tukang tambal ban juga sangat berpengaruh sepeda motor
goyang.
Kondisi Velg Roda
Jika memakai jenis velg racing bisa
dilakukan pengecekan, apakah ada keretakan atau bengkok pada velg tersebut ?
atau ada bagian balancer roda yang terlepas atau hilang dari velg. Jika memakai
velg biasa / jari – jari, periksa apakah ada bagian jari – jari yang patah dan
apakah velg mengalami kebengkokan ?
Kondisi Shock Breaker
Untuk yang satu ini sudah sering kali
diomongin jadi gua bagi linknya saja biar cepet…. Chek it bro….
volume atau takaran oli shock depan sepeda motor
volume atau takaran oli shock depan sepeda motor
Daftar komstir sepeda motor :
Komstir Honda
Komstir Honda Supra 100, Grand, Legenda,
Supra X 125, Win 100, Vario 110 karbu, Vario 110 FI, Vario 125, Vario 150,
Blade 110, Blade 125, Revo 110, Revo 100, CS1, Scoopy karbu, Scoopy FI, Beat
Karbu, Beat FI, Beat ESP. Bisa memakai komstir yang sama dengan kode
06535-GN5-505
Komstir Honda Tiger semuanya, Megapro
Primus, Megapro Lama, GL Max, GL pro, GL 100. Memakai komstir dengan Kode part
yang sama yaitu 06535-041-010
Komstir Honda CB150R, CBR 150 thailand, CBR
150 lokal, MegaPro New, Megapro FI. Memakai kode part 06535-KTR-900
Komstir Yamaha
Komstir Yamaha Jupiter, Jupiter Z, Jupiter
MX, Mio Sporty, Mio Smille, Mio J, Mio GT, Fino, Vega, Vega R, Vega ZR, F1ZR,
F1Z, Crypton memakai kode yang sama yaitu 22F-WF234-00
Komstir Yamaha Soul GT, Xeon, Xeon RC
memakai kode part 44D-W0054-00
Vixion memakai kode 3C1-WF0054-00
Komstir Suzuki
Komstir Suzuki Smash 110, Shogun 110, Spin,
Axelo, Shogun 125, Skywave,
Ok bro sekian dulu ya …. Jangan lupa
subcribe di channel youtube gua, he…..
Seperti biasa safety first keep riding no
arogan salam satu aspal….
Ini videonya chek it dot…