Jenis Filter Udara Motor & Cara membersihkannya

Selamat datang para bro sekalian dari mas bro dan mbak bro, kali ini kita akan mengupas tentang filter udara. Pada sebuah sepeda motor di depan lubang venturi karbu/ throtle body, pasti terdapat filter udara nah fungsinya buat apa sih, jelas aja buat penyaraing udara dari debu dan kotoratan yang terdapat diudara sebelum masuk ke karbu/ throtle body.

Yang jadi petanyaannya kalo tidak ada filter udara ?? maka secara otomatis udara dan debu langsung masuk ke karbu / throttle body, efek jangka panjangnya karbu rusak tidak bisa di stel dan jangka pendeknya bensin boros. Dengan ciri khas bisa dilihat dari busi yang berwarna hitam legam, asap knalpot yang berwarna hitam.

Dan kadang saat open filter tarikan motor menjad lelet atau berat hal ini di sebabkan karena tidak pasnya percampuran bahan bakar dengan udara di dalam karburator, solusinya sebenarnya cukup dilakukan penyetelan karburtor atau penggantian mainnjet jika penyetelan dirasa tidak berhasil. saat penggantian mainjet usahakan naikan satu step dari mainjet yang terpasang di karburator. Saran gua ih kalo memang motor pingin awet, ngga usah open flter kecuali untuk belap, dibawah ini ada beberapa jenis filter udara yang terdapat pada sepeda motor.



Filter udara di bagi menjadi 3 jenis;



  • Tipe busa 


Cara pembersiahanya cukup di cuci pakai bensin / air kemudian semprot sampai benar kering . ct motor supra 100, grand, shogun 110

filter busa




  • Tipe kertas 


Cara pembersihannya di semprot dengan angin. ct motor supra x 125 karbu, jupiter z karbu





filter kertas



  • Tipe viscos/ kertas yang dilapisi minyak 



Cara pembersihanya di getok getokn ke lantai sampai kotoran pada jatuh dan jangan di semprot ataudi cuci dengan sabun dan besin. karna filter akan mampet tarikan akan berat. ct motor injection semua merek, vario 110 karbu, beat karbu, mio karbu

filter viscos


Kesalahan pada penenganan pembersihan filter udara :



  • Mengakibatkan saluran venturi mampet.  

  • Bahan bakar boros.

  • Tarikan motor menjadi berat saat jalan.


Ok bro sekian dulu postingan kali ini, keep riding no arogan salam satu aspal...